Perkenalkan Program ‘Gemma Camtara’ Camat Ternate Berkunjung ke Kantor P3E Suma

P3E Suma
Perkenalkan Program 'Gemma Camtara' Camat Ternate Berkunjung ke Kantor P3E Suma

Terkini.id, Makassar – Camat Ternate Maluku Utara Zulkifli, SE, berkunjung ke Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), Jalan Perintis Kemerdekaan Km 17 Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkananyya, Makassar, Kamis, 29 Agustus 2019.

Zulkifli mengatakan kepada Kepala P3E Suma, Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si, dan Kepala Tata Usaha Azri Rasul, SKM.,M.Si, MH bahwa akronim Gerakan Menabung dan Memanen Air Hujan (Gemma Camtara) Kecamatan Kota Ternate Utara, merupakan program konservasi air tanah sebagai sumber baku air bersih.

“Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam program ini diantaranya pembangunan Instalasi Pemanfaatan Air Hujan (IPAH) dengan pola kerja Swadaya Masyarakat,” imbuhnya.

Lanjut Zulkifli, program Gemma Camtara ini mendapat dukungan dari seorang Ahli Hidrologi Universitas Gadjah Mada, Dr. Ing. Ir Agus Maryono, Lulusan S3 bidang Hidro dari University of Karlsruhe, Jerman.

“Beliau sangat mengapresiasi program ini dan bangga setelah mendengar dan mengikuti Gemma Camtara,” ujar Zulkifli menyampaikan ungkapan Agus Maryono kepada Kepala dan Kepala Tata Usaha P3E Suma.

Baca juga:

“Gerakan ini luar biasa, memanen air hujan, sedekah air hujan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kurang lebih 1 (satu) tahun sudah bisa memasang, memanen lalu menolong bersedekah air hujan sebanyak lebih dari 100 lokasi itu suatu prestasi yang luar biasa, boleh saya katakan belum dicapai daerah-daerah lain,” tambahnya.

Gerakan menabung dan memanen air hujan Kecamatan Kota Ternate Utara atau Gemma Camtara mulai diminati warga di luar Kecamatan Kota Ternate Utara.

Program ini diminati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Hidayatullah Ternate yang berlokasi di Kecamatan Gambesi Pulau Ternate.

Komentar

Rekomendasi

Berkebun di Pekarangan Rumah Akan Jadi Kenormalan Baru Warga Makassar

Dinas Kesehatan Makassar Akan Buat Program Senam Selama Pandemi Corona

Pemkot Makassar dan Pelindo IV Akan Buat Parkir Khusus Transit Truk

Anggota Dewan Puji Langkah Pj Wali Kota Yusran Jawab Persoalan Makassar

Prof Yusran Jusuf Minta Masyarakat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hadapi Corona

Update 25 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Yusran Jusuf Salat Ied di Rumah Jabatan

Pantau Mal yang Buka, Satpol PP Makassar Temukan Pengunjung Tak Pakai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar