Perkumpulan Wallacea Berbagi Pengetahuan Tentang Kapasitas CSO Luwu Utara

Terkini.id, PALOPO – Perkumpulan Wallacea Kota Palopo sebagai Lead Partner Program USAID MADANI Luwu Utara berbagi pengetahuan informasi, pengetahuan dan pengalaman hasil Basic Training yang dilakukan PT Remdec tentang  Perencanaan Strategi dan Manajemen Organisasi, Sistem dan Manajemen SDM, dan Manajemen Keuangan bagi CSO di  Luwu Utara yang menjadi anggota Simpul Belajar Lamaranginang dalam bentuk ‘’Learning Sharing Workshop, Berbagi pembelajaran dari  Basic Training Bagi Simpul Belajar Lamaranginang Kabupaten Luwu Utara’’  yang berlangsung selama 2 hari yaitu 13-14 Januari 2021 di Hotel Agrowisata Kota Palopo. 

Fasilitator pada workshop ini Sainal Abidin yang juga Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Wallacea. 

Basri Andang selaku Direktur Eksekutif Perkumpulan Wallacea mengatakan, sebelumnya staf Wallacea menjadi peserta pelatihan dan mentoring dari Remdec  Swaprakarsa dalam penyusunan dokumen Renstra, dokumen Monev dan Learning  (MEL), SOP Keuangan, SOP Sumberdaya Manusia dan SOP Pengadaan Barang dan Jasa.  

“Hasil dari proses itu yang menurut kami penting dibagi kepada CSO yang tergabung dalam Simpul Belajar Lamaranginang Kabupaten Luwu Utara sebagai bentuk dari penguatan CSO,” ungkapnya. 

Mungkin Anda menyukai ini:

“Kami menilai berbagi pengetahuan dan pembelajaran menjadi salah satu proses yang diharapkan terjadi di simpul belajar madani sehingga ada transformasi dan trannsfer pengetahuan di internal simpul itu sendiri. Selanjutnya bagaimana CSO mengidentifikasi secara mandiri ketersediaanya dan upaya pemenuhannya dan para CSO juga yang tergabung dalam Simpul Belajar Lamaranginang ini,  diharapkan betul-betul dapat memahami apa yang menjadi materi dalam pelatihan sehingga dapat berdampak baik kepada lembaga masing-masing,” lanjutnya. 

Baca Juga: Serahkan BLT di Su’rulangi, Ini Pesan Bupati Takalar

Pada kegiatan ini juga, CSO anggota simpul dibekali pengetahuan khusus dalam penggunaan software keuangan (saNGO). 

Selain soal manajemen program dan keuangan, ada sesi khusus berbagi pengetahuan mengenai kebijakan transfer anggaran berbasis ekologi yang menghadirkan pembicara DR Syamsu Rijal (Kepala Laboratorium Perencanaan Sistem Informasi Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas) dan Roy Salam (Direktur Eksekutif Indonesa Budget Centre). Ini menjadi informasi tambahan bagi CSO untuk menangkap peluang advokasi ini di tingkat kabupaten.

Sekretaris Bappeda Luwu Utara, Syawal Sammang berharap CSO yang mengikuti kegiatan ini serius. Sebab ini akan menjadi cernin kepada lembaga masing-masing apalagi mengenai soal manajemen program dan manajemen keuangan. Bila hanya 3 CSO yang aktif dan memenuhi kriteria manajemen. Kita butuh CSO yang serius bekerja bukan soal kuantitas saja.  

Baca Juga: Danny Pomanto Tetapkan Selasa Hari Ojol, Begini Tanggapan Komunitas Ojol

‘’Saya juga berharap setiap bulannya ada agenda diskusi bulanan di kantor Bappeda terkait isu aktual di Kabupaten Luwu Utara. Harapannya hasil diskusi tersebut bisa menjadi sebuah dokumen utuh dan bisa kita serahkan kepada pimpinan daerah,’’ tutupnya.

Bagikan