Ini Permintaan Bupati IDP Demi Wujudkan Hak Atas Pangan di Lutra

Bupati Indah Putri Indriani

Terkini.id,Lutra – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara untuk mewujudkan hak atas pangan tidaklah main-main. Salah satu wujud komitmen itu adalah membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyebutkan betapa besar komitmen pemerintah untuk mewujudkan hak atas pangan, meski tantangan yang akan dihadapi pun tidaklah mudah.

“Komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan hak atas pangan sangatlah besar, meski tantangan yang kita hadapi juga tidaklah sedikit. Untuk itu, mulai hari ini, era kompetisi kita akhiri dan era kolaborasi kita mulai,” tutur Bupati Indah.

Kerjasama dan sinergi yang dibangun bersama dengan Oxfam diharapkan mampu memberikan andil besar terhadap terwujudnya hak atas pangan tersebut. Hanya dengan membangun kolaborasi dan sinergi, lanjut IDP, hak atas pangan tersebut bisa diwujudkan.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan sinergi yang telah kita bangun dalam beberapa waktu terakhir ini,” kata bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara itu, Project Manager Oxfam di Indonesia, Widiyanto, menyebutkan, salah satu project Oxfam di Indonesia adalah pemenuhan hak atas pangan, dengan cara melakukan penguatan akses dan kontrol terhadap produsen pangan, utamanya yang berskala kecil.

Dimana Oxfam akan bekerjasama dengan petani, nelayan, buruh dan sebagainya.

“Kedatangan kami selain bersilaturahmi, juga berharap dukungan dari Pemda,” ungkap Widiyanto.

Selain itu, Widiyanto juga mengutarakan keinginannya untuk terus berupaya melakukan kerjasama dalam rangka mendukung tercapainya pembangunan yang berkelanjutan, seperti pengurangan kemiskinan, ketahanan pangan, serta pengurangan ketimpangan dan sebagainya.

“Kami memiliki program yang akan diimplementasikan yaitu penguatan tata kelola pertania, serta penguatan kapasitas dewan ketahanan pangan,” bebernya.

Bukan itu saja, Oxfam juga akan melakukan penguatan komisi pengawasan pupuk dan pestisida, integrasi pemetaan dan perencanaan tata guna lahan partisipatif dalam inisiatif perluasan wilayah kelola rakyat dan kebijakan ruang daerah dan nasional.

Implementasi Perpres reforma agraria melalui usulan lokasi prioritas reforma agraria dan pengembangan desa maju reforma agraria, serta sinergi dalam pemberdayaan ekonomi antara pemda dan masyarakat.

Komentar

Rekomendasi

Rayakan Ulang Tahun ke-43, Bupati IDP: Ingin Terus Menjadi Manusia Bermanfaat

Kabar Gembira, Kompleks Perumahan Bumi Tanalili Permai Bakal Dibeton

Indah Putri Indriani Pasang Papan Peneng BSPS di Lutra

3 Tahun, Pemda Sudah Bedah 1.704 Rumah Warga Miskin Lutra

BMKG Prediksi Angin Monsun Bakal Melintas di Sulsel, Berikut Himbauan Bupati Lutra

Bupati IDP Minta Penyusunan APBDes Akhir Januari Tuntas

Tahun 2020, Kinerja ASN Lingkup DPRKP2 Lutra Lebih Cepat dan Disiplin

Resmikan Bendungan Daerah Irigasi Eno di Seko, Gubernur Sulsel: Ini Inovasi Luar Biasa Bupati Lutra

Salut, Bupati IDP Serahkan Bantuan Ratusan Juta ke Puluhan Wirausaha Pemula

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar