Permudah perizinan, DPMPTSP Palopo akan luncurkan sistem OSS

DPMPTSP Kota Palopo dalam waktu dekat akan segera meluncurkan sistem Online Single Submission (OSS).

Terkini.id, Palopo – DPMPTSP Kota Palopo dalam waktu dekat akan segera meluncurkan sistem Online Single Submission (OSS). Dimana  Sistem tersebut berguna untuk proses penerbitan perizinan dalam rangka kemudahan memulai usaha.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPMPTSP Kota Palopo, Farid Kasim via seluler saat mengikuti forum kebijakan dalam negeri di era digitalisasi yang diselenggarakan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri di Bandung, Kamis 22 Maret 2018.

Menurut Farid, kegiatan forum perdagangan dalam negeri ini merupakan tindak lanjut dari perpres nomor 91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha dan merupakan arahan presiden untuk optimalisasi percepatan berusaha

“Jadi OSS ini kedepannya akan terintegrasikan dengan berbagai aplikasi perizinan termasuk aplikasi Sistem Informasi Perusahaan Online (SIPO). Dengan begitu sistem ini akan menjadi program prioritas DPMPTSP Palopo,” ungkap Farid.

Dijelaskan Farid, berdasarkan hasil survei bank dunia terhadap kemudahan berusaha, telah menempatkan indonesia di urutan 72 dari 190 negara namun tidak  demikian dengan kemudahan untuk memulai usaha dimana Indonesia masih menempati urutan 144.

Menarik untuk Anda:

“Pada penerapan sistem OSS, khususnya dalam proses penerbitan SIUP dan TDP dengan integrasi SIPO kedalam OSS kedepan, penerbitan SIUP dan TDP di Kota Palopo akan terpantau langsung oleh satgas pemerintah pusat. Pengusaha juga tidak akan bisa lagi main-main dengan pajak,” jelas Farid.

Ia menambahkan penerapan sistem terdebut adalah langkah konkret untuk menghindari adanya gratifikasi terhadap pelayanan perizinan kedepan. Dan akan memberikan ruang tersendiri bagi para usahawaan baru dalam memulai usaha mereka.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemkot Palopo Gelar Sosialisasi Penyusunan APBD 2021

Wali Kota Palopo Hadiri Rakorsus Tingkat Menteri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar