Pernah Dihentikan, BPJS-Kes Akhirnya Kembali Menanggung Obat Kanker Ini

Kanker Payudara
Ilustrasi kanker payudara. (foto: sindonews.com)

Terkini.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebelumnya sempat menghentikan tanggungan untuk pengobatan penyakit kanker dengan obat Trastuzumab.

Kini setelah mendapat gugatan dari pasien kanker payudara HER2 positif, Yuniarti Tanjung alias Juniarti, BPJS Kesehatan akhirnya kembali menanggung.

Hal itu setelah empat kali proses sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kedua pihak sepakat berdamai.

BPJS Kesehatan akan menjamin lagi obat ‘mahal’ tersebut.

“Ini seperti kemenangan untuk kami dan seluruh pasien kanker payudara HER2 positif di mana pun mereka berada. Ini (trastuzumab) akan dijamin lagi,” ujar suami Juniarti, Edy Haryadi saat kepada detikHealth di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 27 September 2018.

Menarik untuk Anda:

Melalui sidang mediasi kedua pada Senin lalu, ditetapkan hasil perdamaian antara para tergugat dengan penggugat.

Ini berarti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menjamin kembali obat Trastuzumab yang pernah dihapusnya dari jaminan sejak 1 April 2018 lalu dan mentaati Peraturan Menteri Kesehatan RI No 22 Tahun 2018 tentang petunjuk teknis restriksi penggunaan obat Trastuzumab.

“Dalam dua kali mediasi, yang pertama alot dan hampir gagal karena kuasa hukum BPJS tidak menjalankan pertemuan pra mediasi yang diadakan oleh tim pengacara,” jelas Edy.

“Kemudian pada pertemuan kedua kita lebih banyak diam, mereka saja yang diskusi, para tergugat,” lanjutnya.

Akta perdamaian antara penggugat Juniarti dan tergugat Presiden, Menteri Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Dewan Pertimbangan Klinis pun ditandatangani pada Jumat (27/9) setelah diskusi alot mengenai draft kesepakatan. Dengan ini, obat Trastuzumab akan dijamin kembali oleh BPJS Kesehatan.

“Seluruh pihak sepakat berkaitan dengan penjaminan obat Trastuzumab itu mengacu pada Permenkes No. 22 tahun 2018,” tegas Muhammad Ma’ruf, kuasa hukum BPJS Kesehatan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Turunkan Berat Badan dengan Cara Diet Ketofastosis

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar