Pernah Dinyinyiri Karena Bambu, Kini Anies Bangga Kenalkan Karya Sculpture Ini

Karya Sculpture berbahan bambu untuk menyambut Asian Games 2018. (foto-foto: facebook/anies baswedan)

Terkini.id, Jakarta – Anies Baswedan, dengan bangga memperkenalkan sebuah karya Sculpture berbahan Bambu yang dipasang di tengah kota DKI Jakarta.

Karya kesenian berbahan bambu ini terlihat keren dan menakjubkan.

Sebelumnya, Anies banyak dikritik bahkan mendapat tanggapan nyinyir dari para netizen tentang tiang-tiang bendera Asian Games yang dipasang dengan bambu.

Nyinyir netizen tersebut sempat membuat pemerintah mencabut tiang bambu, namun kembali diinstruksikan oleh Anies untuk dipasang.

Anies beralasan, bambu adalah simbol perjuangan kemerdekaan RI, karena bambu digunakan untuk melawan penjajah.

Kini, Anies kembali bangga memperkenalkan hasil karya sculpture untuk menyambut Asian Games.

Melalui media sosialnya, Anies mengungkapkan, bambu adalah ciri khas Indonesia.

“Inilah bambu Indonesia. Ditanam di pedesaan, dirawat dan dipanen oleh petani kecil, dijajakan oleh pedagang mikro. Kini membentang di area tanah -salah satu- paling mahal di Republik ini,” terang dia.

Dia melanjutkan, dari imajinasi, kreasi dan lewat tangan terampil anak bangsa, Joko Avianto, bambu murah dari desa ini menjadi karya seni yang tak terupiahkan nilainya. Keindahan yang menjulang dan membanggakan.

“Bentangan dan balutan bambu ini jadi pengirim pesan. Di tengah deretan beton tinggi yang cakarnya menggenggam tanah Ibukota, hadir karya bambu yang lembut, sederhana tapi kompleks. Sebuah material trasidisional yang dibalut ilmu, kreativitas dan kemodernan.

Dengan rasa cinta dan kreativitas, bambu yg dianggap tak bernilai menjadi karya seni yg tak ternilai.

Bambu ini membentuk pesona seni yg menggerakkan. Membahanakan pesan dahsyat tentang bangsa kita. Pesan tentang kokoh tapi lentur, tegak tapi liat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, satuan tapi tak terserak. Itulah kita, bangsa Indonesia tercinta: 262 juta anak bangsa, 400-an suku bangsa, dan bercakap dalam 700-an bahasa. Sebuah bangsa yang dahsyat!

Di sini, dari gagasan, ribuan bambu ini membentuk sebuah kesatuan dan persatuan. Dari gagasan, jutaan anak bangsa ini membentuk kesatuan dan persatuan.

Mari kita sambut kembali saudara-saudara se-Asia dengan pesan persatuan, dengan kehangatan Indonesia, dan dengan kebanggaan bernegara,” tulis Anies Baswedan.

Tanggapan Netizen

“Menurut saya, ide pemakaian material bambu utk sculpture medium ini patut dihargai..hanya secara ide bntuk & detail masih bisa dielaborasi lebih baik lagi dari yg. sekarang ada.IMHO,” tulis salah seorang netizen, Bambang Tjahjadi.

Karya Sculpture berbahan bambu untuk menyambut Asian Games 2018. (facebook/anies baswedan)

Berita Terkait