Pernikahan Dini Kembali Terjadi di Bantaeng, Pengantin Pria Baru Lulus SD

Pernikahan anak dibawah umur kembali terulang di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

Terkini.id,Bantaeng – Pernikahan dini atau anak di bawah umur kembali terulang di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Pernikahan dini antara Reski (13) dan Mia (17) ini terjadi di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng.

Keduanya diketahui telah melangsungkan pernikahan di kediaman mempelai wanita pada Kamis malam 30 Agustus 2018. Mempelai pria asal Dusun Lannying Desa Bontolojong Kecamatan Uluere, Reski (13) diketahui baru saja lulus dari Sekolah Dasar(SD), sementara pasangannya Mia (17) asal Dusun Loka Desa Bonto Marannu Kecamatan Uluere merupakan siswi SMK yang baru duduk di kelas 2.

Kini foto pesta perkawinan keduanya pun telah vural di media sosial dan mendapat reaksi beragam dari warganet.

Salah seorang tetangga Rizki yang tak ingin disebutkan namanya membenarkan peristiwa itu.

“Tadi malam pernikahan keduanya. Reski ini masih muda sekali, karena baru tamat SD,” ujarnya Jumat 31 Agustus 2018.

Sementara itu, Kabid PPPA Bantaeng, Syamsuniar Malik sangat menyesalkan adanya pernikawan anak di bawah umur yang kembali terulang di kabupaten Bantaeng.

Syamsuniar mengaku kedua mempelai tidak melaporkan pernikahannya sehingga pernikahan tersebut tidak tercatat di KUA. Karena takut ditolak seperti kasus pernikahan anak di bawah umur sebelumnya.

“Menurut info, kemarin menikah dan dinikahkan oleh orang tuanya,” kata Syamsuniar Malik.

Syamsuniar Malik, mengaku sangat prihatin dengan kondisi ini. Untuk itu, pihaknya telah menurunkan tim untuk menelusuri pernikahan tersebut.

“Kami tidak sempat mendeteksi, hingga berlangsung akad nikah. Sehingga belum sempat kami lakukan pendampingan dan bimbingan,” tambahnya.

Stamsuniar mengaku bahwa selama ini pihaknya sudah sangat massif melakukan sosialisasi di kabupaten Bantaeng.

” Ini di luar kemampuan kami. Dan Insya Allah kami upayakan lebih massif lagi pemahaman tentang hukum dan akibatnya ke depan,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini