Sudah ditentukan Saksi dan Penghulu Pernikahan Ketua MK Dengan Adik Presiden Jokowi

Terkini.id, Jakarta – Rangkaian acara pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik dari Presiden Jokowi yaitu Idayati diawali pada Rabu, 25 Mei 2022 atau sehari menjelang hari H pernikahan. Kantor KUA Banjarsari Solo sudah menetapkan jadwal tahapan jonggolan atau data dari kedua calon mempelai. Pemeriksaan data selesai maka akan dilaksanakan gladi bersih yang akan dilaksanakan hari ini. Hingga penetapan saksi dan sosok pengulu.

Arba’in Basyar selalu ketua KUA Banjarsari Solo menyampaian urutan acara yang akan dilakukan calon mempelai.

“Paginya jonggolan, sore harinya gladi bersih. Tapi kami masih menunggu utusannya nanti ada perubahan tidak,” ucap  Basyar di kantornya, Senin, 23 Mei 2022. Dilansir dari detik.com

Baca Juga: Singgung Anwar Usman, Margarito Kamis Sebut Ketua MK Harus Mundur:...

Basyar juga mengungkapkan terkait lokasi jonggolan dilaksanakan bersifat fleksibel sesuai dengan konfirmasi yang diterima dari calon mempelai.

Persiapan pernikahan Ketua MK dan Idayati itu sudah hamper selesai hingga penentuan sosok penghulu dan saksi pernikahan sudah ditentukan. 

Baca Juga: MK Putuskan Anwar Usman Lengser Dari Kursi Ketua, Netizen: Mundur...

“Penghulunya nanti ada dua, yang utama saya sendiri dan kedua Bapak Amin Budianto,” terang dia.

Basyar juga berterus terang tidak ada persiapan khusus terkait persiapan acara pernikahan, karena sebelumnya Basyar sudah pernah mengurusi pernikahan mempelai yang berasalh dari keluarga Presiden Jokowi.  

“Biasa saja (tidak ada persiapan), kemarin kita juga menikahkan orang dengan saksi Pak Jokowi, yaitu Mas Bagas yang merupakan keponakan beliau,” terangnya.

Baca Juga: MK Putuskan Anwar Usman Lengser Dari Kursi Ketua, Netizen: Mundur...

Basyar juga menjelaskan terkait adanya berita penggunaan dua bahasa selama proses akad berlangsung. Menurutnya penggunaan bahasa jawa sebagai bahasa alternative dan bahasa Indonesia akan tetap digunakan selama prosesi.

Basyar mengungkap sosok saksi pernikahan Ketua MK dengan adik Jokowi ini, yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Basyar menyebut Pratikno akan menjadi saksi dari pihak perempuan.

“Sedangkan Pak Andika akan menjadi saksi dari mempelai laki-laki,” terangnya.

Basyar menyebut dua nama tersebut masih tercatat sebagai saksi. Meski begitu, masih ada peluang kedua nama saksi itu berubah.

Di sisi lain, Basyar menyebut secara umum persiapan pernikahan adik Jokowi, Idayati, yang bakal digelar di Gedung Graha Saba Solo pada Kamis (26/5) itu sudah siap.

“Insyaallah sudah siap semua, tapi kami terus komunikasi,” tutupnya.

Bagikan