Persaingan Kekuatan China dan AS

DI abad globalisasi ini, setiap tahun ada perbandingan kemajuan material antar-bangsa. Tampak mana yang kuat, mana yang lemah; dan mana yang sedang melemah dan mana yang sedang menguat.

Dua kekuatan dunia yang kini sedang diperbandingkan ialah kekuatan China dan Amerika Serikat.

China sedang menguat, dan AS sedang melemah. Perubahan perimbangan kekuatan itu terjadi dalam waktu yang relatif singkat, dari 2004 hingga 2014; dan perkiraan pada tahun 2024 yang akan datang. Lihat gambar di atas.

Di dalam perjalanan sejarah selama sekitar 2.500 tahun ternyata bahwa: negara yang menguat cenderung menggeserkan lawannya melalui perang.

Pertanyaan yang menggelitik kini ialah: apakah kekuatan China yang menggeser posisi AS mengandung potensi terjadinya perang?
Ini adalah sebuah pertanyaan yang dikemukakan pada September 2018 oleh Graham Allison, seorang ahli sejarah, pada sebuah pemaparannya di forum TED.
Sedemikian kuatnya penampilan China sehingga muncul ungkapan: “God created heaven and earth; the rest was made in China.”

Persaingan antara China dan AS segera melibatkan negara-negara lainnya.

Masing-masing pihak berusaha menarik negara-negara lainnya ke pihaknya. Terjadilah tarik-tambang antar-kubu, dan Indonesia tidak terhindar dari dinamika tarik-tambang tersebut.

Pertanyaan yang menggelitik ialah: di manakah posisi yang seyogianya dipilih Indonesia dalam persaingan dua kekuatan ekonomi dunia tersebut?

Berita Terkait
Komentar
Terkini