Persingkat Antrean, Disdukcapil Parepare Terapkan Tandatangan Elektronik

Terkini.id, Parepare – Tanda tangan Elektronik (TTE) penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil Kota Parepare efektif berlaku mulai hari ini, Selasa 7 Mei 2019.

Berlakunya TTE dalam penerbitan dokumen kependudukan diyakini dapat memangkas waktu tunggu penduduk yang mengurus penerbitan dokumennya.

“Mulai hari ini warga yang mengurus penerbitan dokumen kependudukannya sudah ditandatangani secara elektronik,” terang Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Disdukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra S.STP melalui rilis yang diterima terkini.id.

Tak Perlu Tunggu Kadis Ada di Kantor

Dalam penerapan tanda tangan elektronik ini juga, warga tidak perlu lagi menunggu Kepala Dinas ada di kantor, sebab dokumen kependudukan bisa ditandatangani oleh kepala dinas di mana saja.

Berlakunya TTE memangkas waktu pelayanan kepada penduduk, sehingga penerbitan dokumen maksimal empat menit setelah berkas dinyatakan lengkap bisa tercapai.

Selain lebih cepat, terang dia, TTE dalam penerbitan dokumen kependudukan juga dapat meminimalisir terjadinya pemalsuan dokumen kependudukan, sebab melalui TTE, tandatangan kepala dinas tidak muncul lagi di dokumen kependudukan tapi yang muncul berupa barcode.

“Untuk mengecek dokumen kependudukan itu asli atau tidak, kita bisa mengecek melalui aplikasi pembaca barcode yang bisa di download di playstore bagi penduduk yang mempunyai HP android,’’ ujar Achmad Kitzal, SE, admin database kependudukan Disdukcapil Kota Parepare.

Penerbitan KIA

Selain berlakuknya TTE, Disdukcapil Kota Parepare juga menghimbau kepada penduduk yang belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) untuk segera ke kantor melakukan perekaman dan penerbitan KIA.

“Kebetulan ini lagi musim liburan sekolah, maka kami menghimbau kepada penduduk yang ingin menerbitkan KIA untuk segera ke kantor, begitu juga dengan penduduk yang sudah merekam, bisa ke kantor untuk dicetakkan dokumen KIA-nya, apalagi blangko KIA sudah tersedia,’’ tambah Adi Hidayah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini