Pertama di Dunia, Parepare terapkan program pendidikan After School

Program After School adalah program pemerintah kota Parepare yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu. Dalam penerapannya, anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) diberikan ilmu terutama ilmu Matematika, yanh materinya seperti yang diterapkan di Jepang./Arsyad

TERKINI.id, ‎PAREPARE – Sebagai upaya mengembangkan pendidikan karakter bagi pelajar, pemerintah Kota Parepare bekerjasama dengan salah satu perusahaan ternama Jepang mencanangkan program After School bagi sejumlah sekolah dasar yang ada di Kota Parepare.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjelaskan, program After School tersebut merupakan program pendidikan yang pertama kali diterapkan di Dunia.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat menggelar Orientasi Orang Tua Siswa di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare, Minggu 30 Juli 2017.

“Kami di pemerintahan Kota Parepare ini sendiri selalu memikirkan bagaimana pengembangan Masyarakat Kota Parepare, baik dalam bidang infrastruktur dan juga pembangunan manusiabya, karna tanpakeduanya ini maka Pemerintahan tidak akan bisa sukses,” ujarnya saat menggelar Orientasi Orang Tua Siswa di Aulab

Dia menuturkan, Program After School telah memperlihatkan hasil yang positif utamanya bagi pelajar di Kota Parepare. Untuk itu, ia mengatakan akan melakukan lompatan yang lebih jauh untuk memaksimalkan program ini.

“Kita pastinya akan berfikir untuk melompat dari apa yang ada sekarang ini, kalau ini memang berhasil tapi kita bisa lihat saja datanya bagaimana pebgaruhnya program ini dengan daya cerna pendidikan anak kita saat ini, bahkan ada kenaikan dua kali lipat dari sebelumnya,”kata Wali Kota Taufan.

Wali Kota bergelar doktor hukum ini mengatakan dalam melakukan terobosan di dunia pendidikan ini, pihaknya bekerja sama dengan pihak Perusahan Gakken Jepang.

“Ini bentuk komitmen kami dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di kota kita. Denga‎n begitu generasi kita kedepan bukan hanya cerdas namun juga memiliki carakter kuat, mandiri dan mampu bersaing,”jelas Ketua DPD II Partai Golkar Parepare ini.

Juru bicara perusahaan Gakken Educarion asal ‎Jepang, Abe Syam, mengatakan, After-Dchool yang diterapkan pemerintah kota Parepare adalah satu-satunya di dunia.

“‎Hanya pemerintah kota parepare satu-satunya daerah di dunia ini yang menjadikan After School ini sebagai program. Masyarakat Parepare harus bangga, karena wali kotanya komitmen dan punya pemikiran jangka panjang demi peningkatan dunia pendidikan,”kata Abe.

Abe mengun‎gkapkan, sejauh ini sudah ada beberapa daerah bahkan negara yang tertarik menerapkan program yang pemerintah kota parepare tersebut.

“Jujur kami katakan, program pemerintah kota Parepare ‎yang bekerja sama dengan perusahaan kami (Gakken) ini mendapat respon besar dari negara lain. Mereka mulai melirik untuk menerapkan juga di wilayahnya,”ungkap Abe.

Dia pun berharap dan optimis kota Parepare ke depan bakal menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal upaya peningkatan mutu pendidikan. ‎

“Kami yakin kota Parepare akan menjadi kota pusat percontohan dalam bidang pendidikan,”‎tambahnya.

Program After School adalah program pemerintah kota Parepare yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu. Dalam penerapannya, anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) diberikan ilmu terutama ilmu Matematika, yanh materinya seperti yang diterapkan di Jepang.

Sebagai komitmen dalam memajukan dunia pendidikan, pemerintah kota Parepare telah mengirim tenaga guru ke Jepang untuk belajar sistem ‎proses belajar mengajar di negara yang dikenal disiplin tersebut. Setelah kembali para tenaga guru ini akan langsung menerapkan ilmunya di masing-masing sekolah dasar.

Mursal, salah satu orang tua murid, mengaku sangat bersyukur adanya program After-School di Parepare. ‎Menurut dia, program pemerintah kota tersebut sangat berguna bagi generasi ke depan.

“Ini bukti bahwa pemimpin yang sekarang memikirkan rakyatnya. Bukan hanya sementara tapi untuk jangka panjang. Sangat bermanfaat bagi generasi kita. Kita bangga,”ungkap Mursal.  ‎

Berita Terkait