Pertamina siapkan Rp 15 miliar bantuan modal lunak untuk UKM, ini syaratnya

Unit Manager Communication & CSR MOR VII Pertamina, M Roby Hervindo (kanan)

Terkini.id, Makassar – Perusahaan BUMN, PT Pertamina (Persero), sukses menyalurkan hingga Rp 8,5 miliar dana untuk bantuan modal lunak unuk ribuan UKM se-Sulawesi pada 2017 lalu.

Tahun ini, Pertamina menargetkan bisa menyalurkan hingga Rp 15 miliar bantuan untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut.

“Bantuan modal lunak ini merupakan program SME & SR (Small Medium Enterprise & Social Responsibility) kita,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR VII Pertamina, M Roby Hervindo, saat ditemui di kantornya, Senin 2 April 2018.

“Untuk program ini, setiap pelaku usaha bisa mendapat bantuan modal hingga maksimal Rp 200 juta, tanpa bunga. Cuma kena biaya administrasi 3 persen. Lama pengembaliannya hingga tiga tahun,” tambah Roby.

Pertamina Marketing Operation Region VII Sulawesi PT Pertamina (Persero), memang menggencarkan bantuan modal untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah.

Karena program tersebut bertujuan bukan untuk cari untung. “Dana kemitraan ini kita sisihkan dari profit kami. Kalaupun ada 3 persen yang dipungut, ini kembali untuk membantu mitra binaan tersebut,” jelasnya.

Cara mendapat bantuan modal

Dengan menyalurkan hingga Rp 8,5 miliar dana bantuan modal pada 2017 lalu, saat ini sudah ada berkisar 6.000 pelaku UKM.

“Pelaku usaha tersebut bergerak di berbagai bidang. Ada mitra yang punya terminal BBM, dan lain-lain,” jelas dia.

Nah, pertamina membuka siapapun pelaku usaha yang ingin mendapat bantuan modal lunak tersebut. Apa saja syaratnya?

Pertama, pelaku usaha tersebut paling tidak sudah menjalankan usahanya minimal 6 bulan.

Kedua, pelaku usaha tidak dalam posisi menerima pinjaman dari instansi lain seperti perbankan. “Cukup menulis surat pernyataan tidak pernah meminjam,” terang Roby.

Kemudian, pelaku tinggal datang ke Kantor Pertamina MOR VII Sulawesi di Jalan Garuda nomor 1 Makassar.

“Jadi tidak perlu syarat-syarat lain seperti harus lihat BI checking, harus bankable, dan lain-lain. Cukup itu saja,” tegas Roby.

Nah, untuk nominal pinjaman, maksimum Rp 200 juta. “Tergantung penilaian tim assessment kita. Kalau usahanya cukup Rp 75 juta bisa, ya kita beri. Ada juga yang pernah minta cuma Rp 50 juta, tetapi menurut tim kami usaha ini mampu sampai Rp 75 juta,” terang dia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bisnis

Cicil Beri Solusi Masalah Keuangan Khusus Mahasiswa

Terkini.id, Makassar – Perusahaan teknologi finansial CICIL menawarkan solusi pinjaman khusus mahasiswa. Memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa.“Mulai dari kebutuhan peralatan penunjang kuliah seperti