Perusahaan konstruksi dan media wajib daftarkan karyawan ke BPJS

Andi Irwan Bangsawan / Sulpikar

Terkini.id, Makassar – Perusahaan jasa konstruksi yang dianggarkan pemerintah harus memberikan pekerjanya jaminan sosial. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan.

“Itu merupakan salah satu syarat utama jika ingin membuat suatu izin usaha,” katanya disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi surat edaran Wali Kota Makassar tentang penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan sektor usaha jasa kontruksi di Hotel Quality Makassar, Selasa 3 April 2018.

Irwan berharap surat edaran yang dikeluarkan Wali Kota Makassar bisa dilaksanakan SKPD utamanya di bidang konstruksi.

“Kegaiatan-kegiatan yang bersifat konstruksi, disitulah banyak terjadi permasalahan atau rawan dengan kecelakaan,” ungkapnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar Usman Rappe mengatakan, masih ada beberapa proyek khususnya di Kota Makassar yang belum mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:

“Bagaimana OPD ini nanti mensyaratkan seluruh kontraktor yang memenangkan tender untuk didaftar ke BPJS Ketenagakerjaan. Mengantisipasi kalau terjadi resiko bagi para pekerja,” ungkapnya.

Usman menambahkan bahwa pekerja di sektor konstruksi adalah yang sangat rawan kecelakaan. Karena berhadapan langsung dengan material.

Ia juga sempat menyinggung terkait kerja-kerja wartawan, menurutnya pekerjaan sebagai wartawan juga termasuk yang memiliki resiko cukup tinggi.

“Dihimbau juga kepada seluruh pengusaha media supaya mendaftarkan seluruh pekerjanya, karena undang-undang juga mengamanahkan untuk perlindungan bagi seluruh pekerja, termasuk juga didalamnya awak media,” ungkapnya.

Komentar

Rekomendasi

Update 30 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Pj Wali Kota Makassar Tinjau Tempat Pengolahan Sampah

Viral Video Keluarga Pasien Diseret Satgas Covid-19, Kadinkes Sulsel Minta Maaf

Sejumlah Sekdis Jadi Plt Kepala Dinas, Yusran: Tak Ada Lagi Rangkap Jabatan

Dinkes Makassar Sebut Ada Pasien Sudah Sembuh Kembali Terpapar Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar