Pesan Berantai BPJS Beri Rp 21 Juta untuk Tiap Pekerja, Jangan Diklik!

Terkini.id, Makassar – Berita palsu soal BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kembali terjadi.

Kabar hoax yang tersebar melalui pesan berantai aplikasi whatsapp tersebut, bunyinya begini:

Mereka yang bekerja antara tahun 1990 dan 2018 memiliki hak untuk menarik Rp 21 juta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Cari tahu apakah nama Anda ada dalam daftar orang-orang yang memiliki hak untuk menarik dana ini:

https://mobv.info/-bpjs

Jika link diklik, maka akan ditampilkan website yang berisi pertanyaan konfirmasi untuk segera menarik dana tersebut, besarta beberapa pilihan untuk diklik.

Nah, Anda yang menemukan pesan berantai ini sebaiknya tidak diklik. Bila perlu, sampaikan bahwa informasi tersebut palsu.

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja kepada Kontan, pada Selasa 28 Agustus 2018, menegaskan, informasi tersebut adalah hoax.

Utoh mengungkapkan, itu adalah ulah oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengambil keuntungan dari brand BPJS.

Dia pun meminta masyarakat waspada untuk mengecek lebih dulu segala informasi yang beredar.

Informasi BPJS bisa diakses dengan mendatangi kantor cabang, atau melalui website dan sosial media resmi. Atau bisa juga dengan menghubungi call center 1500910.

Apa modus pelaku? beberapa kemungkinannya seperti ‘mencuri’ data Anda, atau mengejar rating agar website-nya mendapat klik banyak demi mendapat untung (clickbait). Jadi sebaiknya jangan diklik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini