Pesohor ini dikritik netizen gara-gara bahasa Inggris

Karni Ilyas, Ayu Ting Ting, dan Cita Citata

Terkini.id, Makassar – Bagi seorang artis, atau orang-orang beken, sok bicara atau menulis status dengan bahasa Inggris harus sadar dengan konsekuensinya.

Menulis dengan bahasa Inggris, tentu harus tahu grammar. Jika salah sedikit saja, follower yang jumlahnya ribuan hingga jutaan itu bisa saja langsung mengkritik, atau mengoreksi.

Begitulah yang dialami oleh artis dangdut, Ayu Ting Ting, dan Cita-citata. Tidak terkecuali Karni Ilyas, pemandu program acara Indonesia Lawyers Club (ILC) ini juga mendapat “skakmat” dari netizen soal statusnya yang menasehati orang-orang yang sok-sok pakai bahasa Inggris.

Karni Ilyas

Komentar Karni Ilyas (twitter)

Karni Ilyas akhir-akhir ini sering mendapat kritikan. Pemandu Debat di Indonesia Lawyers Club (ILC) itu sebelumnya dikritik oleh simpatisan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, karena cenderung berpihak kepada simpatisan aksi 212, saat sesi diskusi tentang reuni 212 yang menghadirkan Denny Siregar, Abu Janda, Felix Siau, dan pihak-pihak lain yang pro dan kontra terhadap reuni 212.

Selain itu, Karni Ilyas juga sempat dibandingkan dengan Najwa Shihab soal cara memandu diskusi. Baru-baru ini, Karni Ilyas memposting sebuah komentar melalui akun twitternya, yang membuat dia kena “skakmat”.

Komentar yang ditulis melalui akun twitter tersebut, bermaksud menanggapi status seorang netizen, @alvinlie21.

Karni Ilyas menulis, “Kita memang aneh. Banyak peringatan, petunjuk, bahkan peringatan di tempat umum pakai bahasa Inggeris. Apakah semua rakyat kita sudah mampu berbahasa asing? Bahasa Indonesia saja belum. Belajarlah ke Jepang, Korea atau China yg bangga dg bahasa ibunya.”

Sontak, komentar itu dibalas oleh netizen, yakni @danrem: “Betul Pak Karni, eh tapi kenapa harus Tv One dan bukan Tv Ciek atau Tv Siji?”

Bukan cuma @danrem, komentar Karni juga dibalas oleh @KresnaAstra Indonesia Lawyer Club tu bahasa apa sih?

Ayu Ting Ting

Instagram.com/ayutingting92

Berbeda dengan Karni Ilyas, Ayu Ting Ting dikritik oleh netizen karena salah menggunakan grammar.

Melalui akun instagramnya, Ayu Ting Ting mengunggah beberapa foto saat dia berada di Australia untuk keperluan syuting, 27 Januari 2018 lalu. Salah satu foto tersebut yang menampilkan lima orang, antara lain, Ayu, Boy William, dan beberapa orang asing.

“Sorry guys, my friends are now bule…..” tulis Ayu Ting Ting dalam captionnya.

Kalimat itu grammar-nya dinilai salah. Beberapa netizen meminta Ayu Ting-Ting berbahasa Indonesia saja, jika kurang paham berbahasa Inggris.

@lolylulaby meluruskan: “mungkin maksudnya, my friends are foreigners, now. Bukan now duluan. Emang dasar yaa. Sok sok an Inggris Tapi gak ngerti. Bikin malu.”

@supervisikecee, berkomentar: “Hahaha okee bule now yahh hahaha hahahahaha.”

@syahriyulia: “@ayutingting92 duuh mending bahasa indonesia aja deh. Maluu”

Cita Citata

instastory cita citata

Artis Cita Citata, curhat melalui instastory-nya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Curhat tersebut terkait dengan dirinya yang batal manggung di Kelantan, Malaysia, karena persoalan regulasi di negeri tersebut.

Dalam instastory yang diposting pada 26 Januari 2018 tersebut, artis 23 tahun tersebut menulis, “feeling so sad .. never been like this before .. but today is the one of my best experience in my life since i become singer.. i just feeling guilty to all my fans who already bought the tickets for this event.. i love you all.”

Status tersebut artinya, “merasa sangat sedih… tidak pernah seperti ini sebelumnya.. tapi hari ini merupakan salah satu pengalaman terbaik dalam hidup ku sejak aku menjadi penyanyi… aku hanya merasa bersalah kepada semua fans ku yang sudah membeli tiket untuk acara ini. aku cinta kalian semua.

Seorang netizen sedikit memperbaiki: “feeling so sad, I have never been like this before. But, today is one of my best experiences in life since I become a singer. I only feel a guilty for all the fans, who have bought the tickets for this event. I love you all.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Begini Cara Sharp Hilangkan Penat Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Sutradara Ternama Dunia Steven Spielberg Dukung Putrinya Main Film Porno

Youtuber Ria Ricis Bikin Histeris Stan Wuling Kumala di TSM Makassar

Warga Makassar, Nantikan Gelaran B & B Jazeera 8 Maret, Ada Aty Kodong

Dukung Titi Berlaga di LIDA 3, Warga Bulukumba Nobar Hingga Larut Malam

Duta Sulawesi Selatan, Titi LIDA Bakal Tampil Malam Ini, Yuk Dukung dan Saksikan

Lagu Teranyar BTS Black Swan Pecahkan Rekor

Punya Wajah Mirip Ip Man, Pria Ini Sebarkan Seni Bela Diri Wing Chun

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar