Pesona Pantai Ujung Tiro dan Bukit Puncak Karomba, Surga Kecil di Sulsel

Bukit Puncak Karomba di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan

Terkini.id – Libur panjang atau akhir pekan sebaiknya tidak dihabiskan dengan berleha-leha di dalam rumah saja, Keluar dan mendatang tempat-tempat baru harus mulai diagendakan, Apalagi, traveling saat ini telah menjadi gaya hidup baru yang sayang kalau kita tak ambil bagian di dalamnya.

Bicara soal destinasi wisata, Sulawesi Selatan tidak cukup dengan hanya mengunjungi tempat-tempat populer. Karena daerah ini punya segudang pesona tersembunyi dari sorotan kamera. Hal inilah yang mencoba disajikan makassar.terkini.id.

Tapi, kalian harus berjanji ketika mendatanginya harus merawat dan menjaganya tetap alami. Jika tak bisa membersihkan sampah, minimal jangan membuat sampat disana. Oke guys.

Pesona Kabut Puncak Karomba

Puncak yang satu ini lain dari yang lain. Kabutnya bisa membuat siapa saja terpesona. Puncak Karomba di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah destinasi wisata terbaru tahun ini. Baru dibuka pada Juni 2016 lalu.

Puncak Karomba berada di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang dan lokasi wisata ini berada di perbatasan Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, dan Kabupaten Mamasa, Sulsel.

Jarak dari kota Kabupaten Pinrang sekitar 80 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Puncak Karomba
Puncak Karomba, Pinrang

Puncak Karomba berada di ketinggian hampir 1200 meter dari permukaan laut (Mdpl) mampu menghadirkan view panorama yang menakjubkan. Ditambah desain apik lokasi dan fasilitas yang juga mampu memanjakan para travelers lokal maupun mancanegara di tempat ini.

Dari Puncak Karomba, travelers akan disuguhkan pemandangan kabut yang melintasi bukit hingga di lokasi ini. Selain itu juga sejumlah bangunan villa dengan atap tongkonan ala adat Tanah Toraja, menambah kesejukan pemandangannya. View disini sangat sempurna untuk berfoto selfie.

Sebuah jembatan gantung menambah kesempurnaan dalam foto selfie atau berada di tempat ini. Apa lagi, saat kabut turun menjadikan hasil jepretan berada di sebuah tempat antah berantah.

Puncak Karomba
Kabut di Puncak Karomba

Di sini juga disediakan kolam renang buatan, dengan kedalaman hingga 2,5 meter untuk berendam dan berenang. Hanya saja, belum ada fasilitas listrik dan rumah makan di tempat ini. Sehingga traveler yang hendak ke sini ada baiknya membawa bekal makanan dan cadangan tenaga baterai ponsel dan kebutuhan lain yang sifatnya pribadi.

Di lokasi ini juga belum dipungut biaya masuk. Tapi untuk menggunakan fasilitas villa, tentunya harus membayar, tapi jangan khawatir karena harganya tidak semahal hotel berbintang.

Pantai Ujung Tiro yang Luar Biasa

Satu lagi pantai yang mesti masuk dalam list kunjungan ketika datang ke Kabupaten Bulukumba. Pantai Ujung Tiro namanya. Pantai yang terletak di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro ini sesuai namanya, berada di bagian paling ujung dan di antara semak belukar.

Mengunjungi pantai ini haruslah kuat mental dan kendaraan. Jalannya yang berupa bebatuan dan sedikit licin memaksa setiap pengunjung untuk ekstra hati-hati. Meski semua jenis kendaraan bisa melaluinya, namun disarankan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Di kiri kanan sepanjang jalan yang ditemukan hanyalah semak belukar dan hutan kayu, sesekali suara binatang liar juga menambah sensasi perjalanan. Tapi, hamparan pantai yang indah di ujung perjalanan akan menghilangkan rasa lelah.

Pantai Ujung Tiro
Pantai Ujung Tiro, Bulukumba

Pantai yang masih satu kawasan dengan Pantai Samboang ini akan membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum. Tak ada pasir putih di tempat ini, gantinya adalah hamparan tebing-tebing batu yang indah. Tepat di bibir pantai ada batu tumbuh yang berdiri kokoh.

Batu-batu inilah yang menambah semarak Pantai Ujung. Pengunjung akan diarahkan menuruni bibir pantai dan menyebrang ke bebatuan.

Dari jembatan kayu yang meski tua namun tetap kokoh, pengunjung dapat dengan mudah melihat dasar lautan yang jernih dengan ikan-ikan yang leluasa berenang.

Karena kejernihan air dan keindahan terumbu karangnya inilah, tidak sedikit yang datang ke tempat ini khusus untuk snorkling.

Tapi, untuk menikmati keindahan hakiki tempat ini, pengunjung harus punya nyali yang besar. Karena ada dua jembatan kayu kecil yang harus dilalui untuk naik ke bebatuan besar.

Jembatan kecil itu bahkan sedikit rapuh dan goyang ketika diinjak. Tapi tenang saja, karena belum ada yang sampai terjatuh di jembatan tersebut.

Pantai Ujung Tiro
Pantai Ujung Tiro

Di atasnya, mata akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa indah. Melihat ke depan, hamparan laut biru akan menenagkan hati.

Di kiri kanannya terdapat tebing bebatuan dengan sensasi hutan hijau di atasnya juga memberi perasaan tenang dan segar. Dari tempat ini, kita juga bisa melihat deretan Pulau Sembilan yang ada di Kabupaten Sinjai. A wonderful place.

Meski tempat yang indah ini belum dilengkapi fasilitas memadai, namun sangat direkomendasikan untuk dikungjungi. Tapi sangat disarankan tidak berkunjung saat musim hujan tiba. Selain karena jalanan yang licin, juga karena ombak cukup besar dan angin yang kencang.

Penulis : Muh. Asyad/Ancha Hardiansya

Komentar

Rekomendasi

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Yuk Berburu Foto Cantik di 5 Destinasi Instagrammable Semarang Ini

5 Kelebihan Airy Syariah ini Cocok untuk Wisata Halal di Padang

4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Seru-Seruan Bareng Keluarga di Malang? Nih, Rekomendasi Tempatnya

Keren, Inilah Pammase Dewata, Obyek Wisata Baru di Sidrap

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar