Petani Pulau Dewakang Belum Tersentuh Penyuluh Pertanian

Terkini.id, Pangkep – Kepala Desa Dewakang Amirullah mengungkapkan potensi potensi pertanian di desanya belum bisa optimal karena tidak ada penyuluh pertanian. Sektor pertanian di desa yang terletak di pulau ini merupakan hal baru bagi warga yang mayoritas berprofesi nelayan.

Beberapa waktu lalu, ketika kabar tentang warga pulau memanen hasil pertaniannya, Dinas Pertanian Pangkep berjanji untuk menurunkan penyuluh untuk mendampingi warga.

Kepala Desa Dewakang, Amirullah. Ia menyampaikan, bahwa janji dinas terkait akan menurunkan penyuluhnya ke desanya belum juga ditepati.

“Belum ada penyuluh pertanian yang sampai disini, padahal kita sudah sampaikan ke warga. Warga sangat harapkan kehadiran penyuluh, karena kita butuh pelatihan bercocok tanam dan bertani,”ungkapnya, Rabu 5 September 2018.

Amirullah menuturkan, dari hasil uji coba yang dilakukan oleh warga setempat yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Dewakang telah berhasil memproduksi padi. Meski saat ini masih bercocok tanam dengan ala kadarnya tanpa alat tani dan pupuk.

“Kita sudah uji coba tahun lalu, alhamdulillah berhasil meski tanpa alat dan pupuk penunjang. Tahun lalu kita uji coba di Pulau Dewakang Lompo, kualitas padinya juga baik, meski produksinya masih terbilang sedikit. Tapi, kedepan kita akan fokus kembangkan lebih luas lagi. Namun, memang harus pembinaan dari penyuluh pertanian,”jelasnya.

Terpisah, dikonfirmasi Kepala bidang penyuluhan, Kamiruddin mengakui bahwa pihaknya telah menginstruksikan kepada penyuluh diwilayah itu, agar segera ke desa tersebut, untuk memberikan pembinaan. “Waktu pertama kita ketahui hal ini, saya sudah intruksikan sama penyuluh diwilayah itu. Nanti, saya follow up lagi penyuluh nya, karena kita sudah perintahkan,”ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini