Masuk

Pihak Berwenang Berjuang Untuk Dapatkan Bantuan Untuk Korban Gempa, Penyelamatan Terus Berlanjut

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pihak berwenang pada Kamis berjuang untuk mendapatkan bantuan bagi ribuan pengungsi yang terlantar akibat gempa mematikan di Jawa Barat, karena tanah longsor yang dipicu hujan dan medan pegunungan yang sulit menghambat upaya tim penyelamat. 

Gempa berkekuatan 5,6 pada hari Senin di kota Cianjur, sekitar 75 km (50 mil) selatan ibukota Jakarta, menewaskan sedikitnya 271 orang dengan 40 orang hilang, dan menyebabkan banyak orang berlindung di tenda-tenda dengan pasokan medis dan bantuan yang sedikit. 

Korban selamat termasuk seorang wanita yang melahirkan di pusat medis darurat di sebuah tenda. 

Baca Juga: Kementerian PUPR Mulai Bangun 200 Unit Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

“Kondisinya terjal,” kata Presiden Joko Widodo tentang medan yang terjal saat berkunjung ke Cianjur. “Masih hujan dan masih ada gempa susulan. Tanahnya goyah, jadi perlu kehati-hatian.” 

Evakuasi tetap menjadi prioritas, katanya, sambil menambahkan bahwa dia ingin memastikan distribusi berjalan dengan baik. Dia mengunjungi tenda darurat, membagikan makanan kepada anak-anak. 

Suharyanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, mengatakan banyak yang belum menerima bantuan dan petugas telah mengumpulkan hampir 200 relawan untuk membantu mendistribusikan air, makanan instan, tenda, dan popok.