Pilkada serentak, wilayah selatan Sulsel rawan

KPUD Bulukumba dan Pemkab Bulukumba menggelar rapat. (terkini.id/diva allodia)

Terkini.id, Bulukumba – KPUD Bulukumba bersama Pemerintah Daerah Bulukumba, menggelar rapat koordinasi menyambut Pilkada serentak 2018 yang digelar di Warkop Mattoanging Bulukumba, Rabu 24 Januari 2018.

Ketua KPUD Bulukumba, Azikin Patedduri, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyatukan komitment menciptakan pilkada yang adil, aman dan damai untuk itu semua pihak yang terlibat agar mampu mejalankan perannya masing masing.

Azikin juga menyatakan, saaat ini pihak KPUD masih terus menjalankan sejumlah tahapan yang seharusnya sudah selesai. Hal ini dikarenakan karena tiba-tiba ada aturan yang berubah dari pusat sehingga KPUD harus kembali menyesuaikan.

Salah seorang komisioner KPUD Bulukumba Ambar Rusnita, juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi aktual data Bapaslon perseorangan untuk sekitar 2.000 dukungan.

Olehnya itu, pihaknya meminta dukungan dan kerjasama yang baik dari Liaison Ofifcer (LO), karena banyaknya LO kecamatan dan desa yang tidak jalan, sehingga KPUD Bulukumba justru dituduh menggelapkan suara.

Baca juga:

Di lain sisi, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali dalam arahannya mengatakan, Bulukumba menjadi daerah yang diapit oleh dua kabupaten yang menggelar pemilihan bupati, yakni Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bantaeng. Sehingga memungkinkan adanya tingkat kerawanan di wilayah-wilayah perbatasan.

Selain itu, terkait Pilgub Bupati juga berkomitmen menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada. “Apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh ASN dan sudah ada rekomendasi dari Panwaslu maka Bupati akan mengambil tindakan tegas,” tegasnya.

Ketua Panwaslu Bulukumba Andi Amin mengapresiasi pernyataan Bupati yang akan menindak ASN yang terlibat politik praktis, sedangkan Kejari yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan akan melakukan  tindakah hukum jika ada temuan pelanggaran yang dilakukan ASN. Namun pelaksaan hukumnya akan dilakukan setelah pilkada dilakukan.

Sementara itu, Kapolres Bulukumba, AKBP Anggi Naulifar Siregar mengatakan, untuk menciptakan pilkada yang damai maka diperlukan komunikasi yang baik, baik dari penyelenggara pemilu, Polres dan TNI.

“Mengharapkan Tim Sukses selalu berkoordinasi dengan Aparat Kepolisian agar dapat memonitor dan melakukan pengamanan pada kegiatan.

Kapolres dan juga Dandim  juga menyatakan bahwa Polri dan TNI dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 akan bersikap Netral.

Komentar

Rekomendasi

Kabar Baik, Seluruh PDP di Kabupaten Bulukumba Dinyatakan Sembuh

Dinas Perikanan Bulukumba Suplai Ikan Segar untuk Warga Baturapa

Wakil Bupati TSY Temui Warga Serahkan BLT

Tangkal Corona, Bank Mandiri Serahkan Bilik Semprot Antiseptik ke Pemkab Bulukumba

Jembatan Dusun Kassi Pute Lolisang Kajang Roboh, Ternyata Ini Penyebabnya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar