Pintu Terowongan Pengelak Bendungan Karalloe Ditutup, Ini Harapan Bupati Gowa

Terkini.id, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ikut melakukan Penutupan Pintu Terowongan Pengelak Bendungan Karalloe yang terletak di Kecamatan Biringbulu dan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Jumat 20 Agustus 2021.

Orang nomor satu di Gowa ini berharap bendungan yang memiliki daya tampung sekitar 40 juta meter kubik ini bisa segera diresmikan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, walaupun menurutnya hampir secara keseluruhan manfaatnya akan dirasakan oleh Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Jeneponto.

“Bendungan Karalloe ini memiliki daya tampung 40 juta meter kubik, dan akan mengalir kurang lebih 7.000 hektar lahan di Kabupaten Jeneponto semuanya untuk Kabupaten Jeneponto,” ujar Adnan.

Baca Juga: Tiga Ranperda Pemkab Gowa Masuk Tahapan Pembahasan Dewan

Lanjut Adnan, Bendungan Karalloe ini merupakan bukan bendungan pertama di Kabupaten Gowa yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luar Kabupaten Gowa. 

Dirinya menyebutkan sebelumnya ada Bendungan Bili-bili yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Makassar dan l
kolam regulasi Nipa-Nipa yang manfaatnya dirasakan oleh Kabupaten Maros.

Baca Juga: Warga Gowa Antusias Sambut Vaksin Covid-19 yang Digelar TP PKK

“Jadi Kabupaten Gowa memang selalu memberikan kontribusi untuk kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Insya Allah kami mendapatkan amal jariyahnya selama airnya terus mengalir maka amalnya juga akan terus mengalir untuk masyarakat Kabupaten Gowa,” tandasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyambut baik kehadiran bendungan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa ini. 

Menurutnya ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga: Warga Gowa Antusias Sambut Vaksin Covid-19 yang Digelar TP PKK

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati Gowa yang sekarang yang susah payah dalam pembangunan bendungan ini. Karena airnya ini hampir 100 persen jatuhnya di Jeneponto,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengaan Jeneberang, Adenan Rasyid dalam laporannya menyebutkan bahwa sejauh ini progres Pembangunan Bendungan Karalloe ini sudah mencapai 94,5 persen.

1 2
Selanjutnya
Bagikan