Makassar Terkini
Masuk

PKB VS PAN Saling Sindir Soal Menteri Baru Akting Kaget, Netizen: Lagi Pada Nyari Panggung Sampai Pemilu, Setelah Itu Teletubbies Lagi

Terkini.id, Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN), hubungan keduanya diketahui memanas dan saling melemparkan beberapa sindiran. Peristiwa itu terjadi lantaran adanya sindiran baru yang tertuju pada sosok menteri baru yang dinilai akting kaget saat mengetahui harga komoditas pangan.

Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan baru yang disindir akting kaget itu melakukan kunjungan pertamanya ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur.

Zulhas melakukan pengecekan harga bahan pangan pokok seperti beras, telur, minyak, daging dan sebagainya.

Zulhas mengaku kaget dengan harga pangan melonjak di Pasar Cibubur.  “Saya shock. Pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh,” katanya di depan wartawan, dilansir detikFinance, Kamis,16 Juni 2022. Zulhas mengatakan terjadi kenaikan di hampir semua komoditas pangan, kecuali beras.

Momen tersebut berhasil menarik perhatian Ketua Umum PKB yaitu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang memberikan sindiran pada menteri baru yang disebut akting pakai kaget saat mengetahui harga komoditas.

Sindiran itu sampai pada PAN dan membalas sindiran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar ‘seperti tidak ada’. Sindiran itu langsung dibalas kembali oleh PKB yang meminta pendatang baru untuk lebih sadar posisi.

PAN pun menjawab bahwa hasil putusan reshuffle kabinet tentu tidak selalu berjalan lancar dan membuat senang semua pihak.  

Cak Imin melemparkan sindiran pada menteri baru di Kabinet Indonesia Maju yang akting kaget soal kenaikan harga barang.  

“Menteri baru kok akting tapi pake kaget, barang sudah naik lama kok baru kaget,” kata Cak Imin melalui akun Twitter pribadinya @cakiminNOW, seperti dilihat pada Jumat, 17 Juni 2022.

Melalui akun Twitter yang sama, Cak Imin juga memposting fotonya sedang bersama Head of the Spiritual Assembly of Muslim of Russia Mufti, Sheikh Albir Krganov, dalam acara tablig akbar bersama para habaib, Kamis (16/6), di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam postingan foto itu, Cak Imin juga menuliskan kata ‘kaget’. Namun, Wakil Ketua DPR RI itu tak menyebut nama menteri yang berakting kaget tersebut.

Seperti diketahui, ada dua menteri yang dilantik Presiden Jokowi dalam reshuffle kabinet 15 Juni. Dua menteri itu adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Diantara dua menteri baru itu, yang ditunjuk mengurusi soal barang adalah Zulhas selaku Menteri Perdagangan. Sedangkan Hadi ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyindir menteri baru yang akting kaget soal harga barang naik. PAN menyebut Cak Imin seharusnya tak saling sindir sesama koalisi pemerintah.

“Cak Imin tidak usah menyindir sesama anggota partai koalisi pemerintahlah. Justru Cak Imin harus men-support agar kinerja seluruh kementerian dapat meningkat dan dapat mencapai target pembangunan nasional,” kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga, saat dihubungi, Jumat, 17 Juni 2022.

Viva Yoga mengatakan sesama partai koalisi harus kompak menyukseskan program Pemerintah.

“Sesama partai koalisi harus kompak, dan bersatu, saling bergotong royong untuk mensukseskan program pemerintah,” ujarnya.

“Kalau saling meniadakan, atau saling menegasikan, itu hal yang tidak patut dan tidak baik,” ucapnya.

Dia lalu mencontohkan seandainya ada sindiran ke Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Padahal menurutnya Mendes Abdul Iskandar bekerja keras hingga tak tidur.

“Kan tidak enak misalnya ada sindiran bahwa kerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ibarat wujuduhu ka’adamihi, yang artinya keberadaannya seperti tidak ada,” katanya.

“Padahal kan dalam realitasnya telah bekerja keras, penuh perjuangan, dan tidak tidur,” katanya.

Viva Yoga mengajak Cak Imin bekerja bersama membangun pemerintahan. Tidak lagi menyindir atau menyinggung menteri dari partai lain.

“Ayo Cak Imin, marilah membangun energi positif untuk meningkatkan kinerja pemerintah, membangun soliditas dan solidaritas di partai pemerintah. Tidak saling mengkritik dan merendahkan,” katanya.

Bahkan perdebatan dua partai tersebut berhasil menarik perhatian netizen seperti dilansir dari Twitter @detikcom. Terkini.id mengumpulkan beberapa komentar netizen.

Twitter @detikcom

Seperti komentar dari @bbmrachel “cak imin lgi perlu panggung, pan jg pingin panggung.. jdi yg spt ini akan menjadi pemandangan biasa sampai pemilu nanti, stlh itu mrk teletubbies lgi, kadang lp sama rakyat yg emosix dmainkan jelang pilpres demi elektabilitas,” tulisnya.

Dan komentar dari @ridhorahadi “Bukan soal kaget, tapi karena kavling PKB digeser kesulitan hidup dan amanat rakyat?” tulisnya.