PLUT Yogyakarta Studi Banding ke Diskop UKM Sulsel

UKM Sulsel
PLUT Yogyakarta Studi Banding ke Diskop UKM Sulsel

Terkini.id, Makassar – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan studi banding ke Diskop UKM dan PLUT Sulsel, 28-30 November 2018.

Kunjungan studi banding PLUT DIY dipimpin sekretaris Dinas Koperasi UMKM DIY, Ir Intan Mustikaningrum MSi didampingi Firsanedi SH selaku Kepala seksi PLUT, konsultan PLUT dan staf.

Bertempat di UKM Center, Jalan AP Pettarani, Kamis, 29 November 2018, rombongan diterima langsung Kepala Diskop UKM Sulsel diwakili Sekretaris Dinas, Rafidah dan kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah. Hadir pula Koordinator Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul Ulum, para konsultan PLUT Sulsel dan staf.

Sekdis Koperasi  UKM DIY mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk studi banding terkait pengalaman PLUT Sulsel yang kini berstatus Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Kami di Yogya PLUT masih dibawah naungan seksi bidang UKM dan kedepannya rencana akan membentuk UPTD.Kami ingin belajar proses dan pengelolaan PLUT sebagai UPTD,” katanya.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah mengatakan, dengan jadi UPT tantangan bagi pihaknya menjadikan PLUT sebagai icon baru bagi Sulawesi Selatan dalam penciptaan wirausaha baru dan pendampingan KUMKM agar lebih tangguh dan mandiri.

Selain ke Diskop UKM, rombongan DIY melanjutkan kunjungan ke UKM CV Kembar Dua dan BMT Kube 36, dan terakhir berbagi pengalaman dengan konsultan PLUT Sulsel di gedung PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga.

Koordinator konsultan PLUT DIY, Yuli Afriyandi mengatakan, melalui studi banding ini diharapkan ada optimalisasi program PLUT KUMKM melalui layanan jasa non finansial sebagai solusi atas permasalahan KUMKM.

“Kunjungan ini antara PLUT DIY dan Sulsel bisa sharing pengalaman, membuka cakrawala dan bisa berbagi kiat-kiat praktis dalam melakukan pendampingan KUMKM di lapangan,” tambahnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini