PMI Makassar Kirim 12 Relawan, Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

PMI Makassar Kirim 12 Relawan, Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Terkini.id, Makassar – PMI kota Makassar menanggapi bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dengan mengirimkan sebanyak 12 orang relawannya ke Palu dan Donggala, Sabtu, 29 September 2018.

Para relawan PMI ini diberangkatkan dengan menggunakan mobil ambulance dan armada Hyglun. Sekertaris PMI Kota Makassar Nur Salam AS yang melepas langsung relawan tersebut, di Markas PMI Makassar, Jalan Kandea.

Relawan yang diberangkatkan pada tahap awal ini, kata Nur Salam, memiliki spesialis di bidang assesment dan pendataan, perawat, pertolongan pertama dan evakuasi, shalter serta posko.

Menurut pengarah Operasi Tanggap Darurat Bencana ini, misi kemanusiaan tersebut atas arahan dan instruksi langsung dari Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI.

“Setelah mendegar bencana Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala, melalui via telepon Deng Ical langsung mengintruksikan kepada saya untuk segera mengirim relawan untuk membantu saudara saudara kita yang terkena bencana disana, apalagi menurut beliau ini menjadi tugas dan tanggungjawab PMI,” tutur Nur Salam.

Menarik untuk Anda:

Lanjut Nur Salam, untuk tahap awal ini sebanyak 12 Relawan PMI dikirim ke Palu dan Donggala dengan dukungan dari PMI Pusat melalui Gudang Regional PMI di Makassar.

Selain itu, PMI Kota Makassar juga menyiagakan Personil Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar untuk mengantisipasi permintaan stok darah dari PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan juga menyiapkan personil tenaga donor yang sewaktu-waktu siap dimobilisasi ke lokasi bencana jika dibutuhkan.

“Karena menurut Informasi, PMI dan UTD setempat Sulawesi Tengah juga terkena dampak akibat Gempa dan Tsunami. Untuk itu kami menyiagakan tim bantuan,” ujarnya.

Nur Salam juga mengungkapkan, untuk langkah berikutnya yang akan dilakukan oleh PMI Kota Makassar adalah mengidentifikasi dan menyiagakan relawan terlatihnya agar sewaktu-waktu siap dimobilisasi untuk tahap berikutnya diberangkatkan, serta mengaktifkan posko tanggap darurat bencana.

“Kami telah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan PMI Provinsi Sulawesi Tengah, PMI Pusat memberikan tanggung jawab kepada PMI Kota Makassar sebagai Koordinator Tim Relawan PMI pada Operasi Tanggap Darurat Bencana (Ops TDB) Gempa & Tsunami Palu & Donggala,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pada Ops TDB ini juga bergabung Relawan PMI Kab. Luwu, Relawan PMI Kota Palopo, Relawan PMI Kab. Luwu Utara, dan Relawan PMI Kab. Luwu Timur, serta akan menyusul Relawan PMI dari Kab dan Kota lainnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

KPU Makassar Rampungkan Coklit, Temukan 158 Ribu TMS

Grab Luncurkan Program ‘Terus Usaha di Makassar’, Ansar: Sangat Membantu UMKM

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar