Polbangtan Gowa Distribusikan Bantuan Perangkat Teknologi Informasi Program YESS 7 BPP di Bulukumba

Terkini.id, Gowa – Kementerian Pertanian di era Menteri Syahrul Yasin Limpo bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) menciptakan program untuk mencetak wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program yang disebut Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Program YESS bertujuan untuk menciptakan petani milenial andal dan profesional yang memiliki usaha di bidang pertanian. Khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan/ pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh.

Diantara agenda yang tertuang dalam program YESS adalah penguatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di 4 (empat) kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Maros, Bantaeng, Bone dan Bulukumba. BPP tersebut diharapkan akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya.

Program YESS merupakan proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Mungkin Anda menyukai ini:

Olehnya itu, Mentan SYL menggagas Kostratani berbasis BPP di kecamatan untuk mengatasi kendala dan tantangan peningkatan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian agar peran dan fungsinya semakin optimal dalam mendukung kinerja pertanian.

Baca Juga: Dr. Syaifuddin Buka Bimtek Penulisan Buku: Bagi Dosen, Jurnal dan...

Di beberapa kesempatan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi, Selasa 29 Desember 2020, secara khusus menyemangati Penyuluh Pertanian. Ia mengatakan, mereka harus bekerja mendampingi para petani.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) difokuskan pada pengembangan SDM dan kelembagaan petani dengan tujuan untuk mewujudkan SDM pertanian yang kreatif, inovatif, dan berwawasan global, dengen memaksimalkan fungsi dan peran BPP.

Dalam mendukung program tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui Program YESS memberikan bantuan berupa perangkat Teknologi Informasi bagi 7 BPP yang berada di Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Polbangtan Gowa Gelar Bimtek Penyusunan Buku

BPP yang mendapatkan bantuan yakni BPP Rilau Ale, BPP Ujung Loe, BPP Gantarang, BPP Kindang, BPP Bulukumba, BPP Bonto Tiro.

Bantuan bagi BPP tersebut diserahkan langsung oleh LO YESS Kabupaten Bulukumba, Vandalisna, SP, M.Si di Dinas Pertanian Tanaman Pangan & Hortikultura Kabupaten Bulukumba yang selanjutnya bantuan tersebut akan didistribusikan ke lokasi BPP masing-masing. Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Emil Yusri.

Dalam kesempatan ini, Emil Yusri berharap bantuan ini agar dimaksimalkan pemanfaatannya dan juga dapat digunakan untuk mendukung seluruh program Kementerian Pertanian.

Bagikan