Polisi Amankan 257 Perusuh Aksi 22 Mei, Pelaku Berasal dari Luar Jakarta

22 Mei
Polisi mengamankan pelaku kerusuhan 22 Mei 2019 di wilayah Jakarta. (foto: Istimewa)

Terkini.id, Jakarta – Menyikapi aksi kerusuhan pada 22 Mei 2019 di sejumlah wilayah di Jakarta yang saat ini masih berlangsung, Mabes Polri menggelar konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2019, malam.

Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah mengamankan total 257 tersangka dari tiga lokasi kerusuhan yakni di Bawaslu (Jalan Thamrin), Gambir, dan Petamburan.

“Total keseluruhan 257 tersangka dari tiga TKP yakni di Bawaslu, Gambir, Petamburan. Dari tangan tersangka, diamankan sejumlah barang bukti berupa bendera hitam, mercon, dan petasan,” kata Kombes Pol Argo Yuwono saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Rabu 22 Mei 2019, malam.

Sementara di Petamburan, kata Argo, polisi mengamankan barang bukti dari tersangka berupa celurit, busur panah, dan bom molotov.

“Tadi saya sampaikan di Petamburan juga ada barang bukti berupa amplop berisi uang untuk perorangan. Masing-masing amplop ada nama penerimanya,” ujarnya.

“Ada juga uang operasional Rp 5 juta untuk yang di Patamburan,” sambungnya.

Tersangka berasal dari luar Jakarta

22 Mei
Suasana aksi demonstrasi di depan Kantor Bawaslu, 22 Mei 2019. (foto: detik.com)

Lanjut Argo, para tersangka di tiga lokasi kerusuhan tersebut dikenakan pasal 170 KUHP, Pasal 212, 217, dan 218.

“Untuk yang di Petamburan ada pasal yang dikenakan untuk pembakaran mobil,” tambahnya.

Yang menjadi pertanyaan, kata Argo, dari mana uang tersebut berasal. Maka dari itu, pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mencari siapa yang memberi sejumlah uang tersebut.

“Kita masih mencari siapa yang memberi uang tersebut. Kemudian para tersangka ini berasal dari luar Jakarta. Ada dari Jawa Barat, ada juga dari Sunda Kelapa,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini