Polisi dan warga bersihkan jalan yang tertimbun tanah longsor

Personil Polres Luwu bersama masyarakat bersihkan jalan yang tertimbun longsoran/Foto:Herman

LUWU – Hujan beberapa hari ini menyebabkan bencana alam tanah longsor di Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan mengatakan, pada musim hujan tahun ini cukup rawan dengan bencana alam, terutam tanah longsor. Ia menyebutkan, Kabupaten Luwu khususnya di wilayah Kecamatan Latimojong, Kecamatan Bastem,  Kecamatan Bajo Barat, Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Larompong paling rawan terjadi tanah longsor.

"Bencana tanah longsor kembali terjadi. Mencermati kesulitan masyarakat akan kebutuhan sarana akses jalan transportasi. Longsoran material tanah dan bebatuan menimbun beberapa titik longsor yang menutup akses jalan dari Desa Lindajang menuju ke Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu," katanya.

Ia pun mengarahkan 75 personel gabungan dari Polres Luwu dan Polsek jajaran bersama dengan masyarakat setempat melakukan kerja bakti membuka akses jalan dari Desa Lindajang menuju ke Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat.

"Material tanah dan bebatuan yang cukup banyak. Sehingga kami menggunakan alat berat milik pemda Luwu dan longsoran kecil dikerjakan secara manual oleh anggota Polres Luwu bersama masyarakat. Sekalipun tidak ada korban dalam musibah tanah longsor, masyarakat cukup kesulitan untuk melakukan perjalanan," sambungnya.

Baca :Petani Luwu berusaha mempertahankan padi siap panen, tapi kalah

Warga dan aparat setempat melakukan kerja bakti yang dimulai pada pukul 08.00 wita. Meterial longsor sudah terbuka dan akses jalan sudah dapat dilalaui kendaraan roda dua dan roda empat, pada 15.00 wita. "Namun warga masih berhati-hati mengingat jalan masih berlumpur," kata Yanuari.

Saat ini material longsor sudah dibersihkan dan akses jalan dari dan menuju Desa Kaladi Darussalam sudah terbuka. Kendaraan roda dua dan empat sudah bisa melewati jalan tersebut.

"Kami kerahkan personel Polres Luwu dan Polsek Jajaran semata untuk memberikan layanan dan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat termasuk menangani kesulitan masyarakat dalam penyediaan sarana akses jalan. Kepada rekan TNI dan Pemda Luwu serta masyarakat setempat kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dalam penanganan bencana tanah longsor ini," pungkas Dia.

Dalam kegiatan ini, bukan hanya personil laki-laki saja yang turun, para polisi wanita juga tidak kalah semangat dalam membersihkan longsoran yang menutupi jalan. (B)

Herman Kambuna

PenulisSalmawati