Polisi Ungkap Penyebab Ledakan di Kejaksaan Negeri Parepare

Kejaksaan Negeri Parepare
Polisi Ungkap Penyebab Ledakan di Kejaksaan Negeri Parepare

Terkini.id, Parepare – Polisi memastikan ledakan di halaman belakang kantor Kejaksaan Negeri Parepare, Sulawesi Selatan, berasal dari barang bukti detonator.

Ledakan yang terjadi pada Selasa, 19 November 2019 tersebut, menyebabkan kaca-kaca di Kejari Parepare pecah.

Kepala Kepolisian Resort, AKBP Budi Susanto mengatakan, hasil investigasi Tim Penjinak Bom memang menemukan adanya detonator yang tidak larut dalam pemusnahan.

“Ledakan yang terjadi di kantor Kejari Parepare diakibatkan dari barang bukti detonator yang sudah dimusnahkan tapi tidak sempurna dan itu memicu ledakan,” kata AKBP Budi Santoso, Kamis 21 November 2019.

Barang bukti yang berupa detonator itu, kata Budi, tidak sempurna dan tidak larut saat dimusnahkan, bahkan kemarau yang berkepanjangan tidak melarutkan zat yang terkandung pada detonator.

“Itu bisa meledak karena di sini sudah lama tidak hujan, cuaca juga panas hal itu tidak melarutkan zat yang ada pada detonator,” tambahnya.

“Beberapa bagian lagi juga terlempar, Puslabfor juga menemukan detonator yang dimusnahkan memiliki kandungan kimia dan merupakan high explosive,” sambung Budi.

Pada bulan September lalu, Kejaksaan Negeri Parepare memusnahkan 490 detonator sebagai barang bukti hasil kejahatan tindak pidana umum yang ditangani sepanjang tahun 2018 hingga pertengahan 2019.

Berita Terkait
Komentar
Terkini