Politisi Partai Republik ajukan Donald Trump terima Nobel Perdamaian

Presiden AS, Donald Trump. (foto/noisiamofutur.it)

Terkini.id, – Pertemuan kedua pemimpin negara Korea memberikan jalan kebahagiaan baik bagi orang-orang Korea dan ternyata juga bagi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Dilansir dari The Guardian, sebuah aksi yang dipelopori politikus-politikus partai Republik, Luke Messer dan 17 pembuat kebijakan lainnya, untuk mengirimkan surat kepada komite penghargaan Nobel di Norwegia dengan anjuran guna memberikan Trump Penghargaan Nobel tahun 2019 karena jasanya dalam mengakhiri perang Korea, peniadaan nuklir di semenanjung Korea, dan membawa perdamaian di daerah tersebut.

“Saya tak dapat berpikir seorang pun yang lebih pantas mendapat perhatian dari Komite pada tahun 2019 daripada Presiden Trump karena kerja kerasnya untuk membawa perdamaian di dunia,” bunyi surat itu sesuai pemberitaan New York Post.

Presiden AS, Donald Trump. (foto/nypost.com)

Anjuran ini tidak hanya datang dari negara lokal, melainkan juga dari orang nomor satu di Korea Selatan, Presiden Moon, yang berkata melalui pejabatnya, “Presiden Trump sebaiknya mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian. Yang kami butuhkan hanyalah perdamaian.”

Donald Trump pun membalas sanjungan tersebut pada hari Selasa lalu.

“Saya kira Presiden Moon sangatlah baik hati karena membuat pernyataan tersebut, dan saya menghargainya. Tapi yang terpenting adalah menyelesaikan permasalahan ini. Saya ingin menyelesaikannya,” kata Trump.

Dalam penghargaan Nobel sendiri tidak ada peraturan yang spesifik mengenai ketentuan calon yang boleh ikut. Pada tahun ini, terdapat 330 calon pemenang Nobel Perdamaian yang akan diumumkan pada bulan Desember mendatang.

Berita Terkait