Polres Barru pertama yang serahkan zakat harta personilnya di Sulsel

Penyerahan Zakat Gaji
Penyerahan Zakat Gaji

Terkini.id, Barru – Sikap tanggap Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Barru, bukan hanya dalam sistem pengamanan yang dilakukannya, namun bagaimana mereka sigap dalam persoalan keagamaan, juga di tampilkan Polres Barru, melalui gerakan bayar zakat tercepat, yang dilakukannya Senin, 21 Mei 2018 di Mapolres Barru.

Penyerahan Zakat harta tersebut bahkan menjadi penyerahan zakat harta perdana yang dilakukan di Kabupaten Barru, dari beberapa instansi yang ada di Kabupaten Barru, Polres Barru dianggap inatansi yang paling tanggap. Bahkan Polres Barru menyerahkan sebanyak 17 juta setiap bulannya selama 5 bulan terakhir.

Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Barru, AKBP Burhaman, menuturkan, dirinya menjadi salah satu pelopor di Sulsel dan Kabupaten Barru, sebagai bentuk kalau Polres Barru, selalu hadir dalam segala hal, termasuk bagaimana persoalan keagamaan adalah yang utama.

“Persoalan keagamaan ini memang harus menjadi hal yang utama, dan kami tampil sebagai Instansi yang pertama dan pelopor dalam penyaluran Zakat ini, sebagai bentuk kalau selain kami menjamin keamanan di daerah kami, juga tidak lupa kami bersama personil selalu menjadikan agama sebagai panutan dalam tugas,”katanya.

Burhaman, menjelaskan, dengan adanya zakat amal atau zakat harta ini, tentunya itu akan berguna bagi bangsa dan negara, karena zakat ini akan disalurkan dalam bentuk bantuan beasiswa sekolah, atau bantuan bagi masyarakat yang sakit dan tidak mampu membayar biaya rumah sakitnya.

“Selain itukan sejumlah bantuan lain untuk kepentingan masyarakat banyak, dan bagaimana membantu masyarakat yang memang membutuhkan, makanya kemudian kami perlu untuk saling mendukung dan sikap kewibawaan kita sebagai masyarakat yang masuk kategori mampu, atau karena sudah adanya gaji pokok, maka kita perlu membantu saudara kita yang lainnya,”jelasnya.

Dia mengungkapkan, kalau Polres Barru sebagai Polres yang pertama dalam.penyeluran zakat ini,dan bahkan itu baru pertama kalinya dilakukan oleh Polres Barru.

“Terima kasih kepada rekan-rekan personil Polres Barru, yang rela untuk dipotong gajinya sebanyak 2,5 persen, dan Alhamdulillah berkat rekan-rekan bersedia untuk penyaluran zakat ini, maka kami mampu menjadi polres pertama dan pertama kalinya di lakukan di Polres Barru,”terangnya.

Wakil Ketua Bidang pendistribusian zakat dan sedekah, Minu Kalibu, mengatakan, kalau kegiatan penyaluran zakat baru kali ini dilakukan oleh Polres Barru, dan ini dilakukan secara perdana ditingkat provinsi Sulsel.

“Sampai saat ini belum ada sama sekali yang lakukan hal ini, dan baru Polres Barru yang lakukan, dan bahkan sebelum surat himbauan Kapolda turun ternyata Polres Barru, telah terlebih dahulu menyalurkan zakat ini,”katanya.

Minu, menuturkan, kalau sikap cepat Polres Barru dalam melakukan jemput bola, demi penyluran keagamaan, perlu menjadi contoh kepada semua masyarakat, dan instansi yang berkewajiban untuk mengeluarkan zakat ini.

“Semoga ini bisa menjadi contoh bagi instansi lainnya, karena sikap ini memang sangat baik dan layak untuk dilakukan, semoga setelah ini ada lagi dari beberapa pihak lainnya,”terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

Dinas PU Makassar Usul Lomba Sanitasi Award

Terkini.id, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun Peraturan Wali Kota (Perwali) ihwal Pemberian Penghargaan kepada Masyarakat Kota Makassar tahun anggaran 2019.Hal itu disampaikan