Polres Selayar Musnahkan Ribuan Karung Berisi Bahan Peledak

Polres Selayar
Polres Selayar Musnahkan Ribuan Karung Berisi Bahan Peledak

Terkini.id, Selayar – Polres Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan melakukan pemusnahan barang bukti sitaan berupa 2340 karung putih polos yang berisi butiran berwarna putih yang mengandung senyawa ammonium Nitrat.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara ditimbun di wilayah Ujung Selatan Bandara H Aroeppala, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar, Jumat, 20 Juli 2018.

Kapolres Selayar, Syamsu Ridwan mengungkapkan bahwa proses penangkapan ribuan karung amonium nitrat ini tidak mudah dilakukan.

Hal itu dikarenakan para penyelundup sudah menghapal betul petugas yang bertugas di perairan, sehingga mereka bisa mengelabui petugas saat melintas.

“Sekitar dua bulan kita melakukan pengintaian, satu minggu berada di perairan melakukan negoisasi dan berpura-pura untuk membeli pupuk ini, pada saat itu pelaku juga mengiyakan sehingga kita sergap,” ungkap Syamsu Ridwan.

Ribuan karung bahan peledak tersebut belum sempat beredar di wilayah Selayar

Kapolres menambahkan, ribuan karung bahan peledak tersebut belum sempat beredar di wilayah Selayar, sehingga terumbu karang masih bisa terlindungi dari ancaman illegal fishing.

“Semoga kejadian ini terakhir kalinya. Kepulauan Selayar memiliki Taman Nasional yang  begitu indah, terbesar ketiga di dunia, sehingga apabila ini beredar di Taman Nasional, bisa menghancurkan terumbu karang,” jelas Kapolres.

Selain Kapolres Selayar, AKBP Syamsul Ridwan dan jajarannya, kegiatan ini juga turut dihadiri Bupati Selayar, Muh Basli Ali, Kasipidum, Muh Junaedi Hasal, Kajari Negeri Selayar, Cumondo Trisno, perwakilan Dandim 1415 Selayar, Camat Bontoharu, pemerhati lingkungan, staf Taman Nasional Taka Bonerate, serta undangan lainnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini