Masuk

Ponpes Darul Aman Gombara Gelar Wisuda Tahfidzhul Qur’an 2022

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Pondok Pesantren Pesantren Darul Aman Gombara, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Penamatan Angkatan XXVIII  dan Wisuda Tahfidzhul Qur’an tahun pelajaran 2021/2022 pada Minggu, 22 Mei 2022.

Penamatan dan wisuda digelar di Kampus Putri Pondok Pesantren Darul Aman Gombara, Jalan KH Abd Jabbar Ashiry, Kota Makassar, dengan diisi berbagai kegiatan kreasi dan inovasi para santri.

Acara ini dihadiri pendiri Yayasan Buq’atun Mubarakah dan Pondok Pesantren Darul Aman, KH. Abd. Djalil Thahir,  Direktur Pondok Pesantren Darul Aman, Muhammad Yusuf Mantasya, Lc. Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Drs. Harpansa, MM mewakili Dinas Pendidikan Sulsel.

Baca Juga: Kunjungi Ponpes Gombara, BEM FKIK Unismuh Edukasi Bahaya Kanker Payudara

Kemudian pengasuh Pondok dan Kepala Tahfidz Darul Aman, Ahmad Badry Al-Hafidz, Kepala SMAS Buq’atun Mubarakah, Drs. Mashuri, M.Pd, serta jajaran Dewan Guru, para asatidz dan warga pondok.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 116 santri dan santriyah kelas 12 dari jenjang SMA diwisuda. Terdiri dari 63 santri putra dan 83 santri putri. Dinyatakan lulus lulus dari SMA Buq’atun Mubarakah Pondok Pesantren Darul Aman Gombara.  

Sementara yang mengkuti yang mengikuti wisuda Tahfidzhul Qur’an sebanyak 100 santri dan satrinyah. Mereka diwisuda sesuai dengan hafalan dan predikat  dalam menghafal Al Qur’an.

Baca Juga: Pesantren Darul Aman Gombara Raih Juara 1 dan 2 di Olimpiade Bahasa Arab ke-5 Tingkat Sulsel

Dalam wisuda ini, sebanyak 8 santri berhasil menghafal 30 Juz Kubro dan 25 santri menghafal 30 Juz Sugro. Terdiri 25 santri putra (3 Kubro, 22 Sugro) dan 8 santri putri (5 Kubro, 3 Sugro).

Direktur Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Muhammad Yusuf Mantasya Lc mengatakan, para wisudawan dan wisudawati merupakan orang-orang terpilih yang  mampu hafalan Al Qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW. 

“Hari ini santri, besok tetap santri. Ilmu agama yang didapat di pesantren anggaplah sebagai bekal dan kunci-kunci untuk membuka pintu-pintu ilmu berikutnya, karena ilmu Allah sangat luas,” kata Yusuf Mantasya dalam keterangannya, Selasa 24 Mei 2022.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Drs. Harpansa, MM yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Penamatan dan Wisuda Tahfidzhul Qur’an, Pesantren Darul Aman Gombara.

Baca Juga: Darul Aman Gombara Juara Liga Santri Piala KASAD 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

“Kami juga tentunya turut berbahagia. Apalagi putri saya juga merupakan alumni dari pondok pesantren ini,” kata Harpansa.

Dalam acara ini juga diumumkan nama-nama santri-santriyah berprestasi dan teladan. 

Untuk kategori Berprestasi, terdiri dari 3 santri-santriyah terbaik jurusan IPA, yakni Nur Islah Kurnila (Bulukumba), Ahmad Fauzi Ramlan (Selayar) dan Akbar Fadila (Makassar). Sedangkan dari jurusan IPS, yaitu Aulia Salma Syarifuddin (Jakarta), Annaya Zahrah Nabila (Sorowako), Putri Shafina Aziza Rustam (Bima, NTB).

Sementara Santri Teladan diraih Abd. Wahib dari Wajo untuk santri putra dan Nur Islah Kurnila dari Bulukumba untuk putri.

Acara ditutup dengan penampilan atraksi dari Tim Tapak Suci Putra Pondok Pesantren Darul Aman yang beberapa kali menjuarai berbagai perlombaan, baik tingkat provinsi, nasional hingga internasional.