Presiden Nigeria Kerja Keras Tepis Isu Bahwa Dirinya Asli Bukan Kloningan

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari

Terkini.id – Sebuah rumor yang makin liar membuat Muhammadu Buhari betul-betul repot menepisnya.

Rumor tersebut menyebutkan bahwa sang Presiden sudah lama meninggal, dan yang kini menjabat presiden adalah kembarannya. Bahkan disebut juga hasil kloning.

“Saya bisa pastikan selama ini sosok presiden yang anda lihat adalah saya yang asli,” kata Buhari melalui akun twitternya.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menyampaikan pernyataan resmi bahwa dia masih hidup dan tidak diganti sosok kloningan asal Sudan.

Isu tersebut di Nigeria sedang ramai. Bahwa Muhammadu Buhari telah diganti sosok lain dengan tampang yang sangat mirip dengannya.

Rumor ini mulai beredar pada saat Buhari mengunjungi sebuah acara di Ibu Kota Krakow, Polandia.

Dilansir dari vice, Presiden Nigeria tersebut ditanyakan soal kebenaran teori konspirasi di media sosial yang menyebut dia telah meninggal dunia saat menjalani pengobatan di Inggris pada 2017.

Karena meninggal, menurut rumor tersebut, dirinya segera diganti oleh orang amat mirip dengannya, yaitu lelaki kelahiran Sudan.

Baca :Korea Utara siap balas serangan militer Amerika Serikat dengan senjata nuklir

Desas-desus tersebut muncul lagi dalam beberapa minggu terakhir saat musim Pilpres dan Buhari akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada Februari mendatang. Video YouTube tentang konspirasi dirinya itu telah ditonton jutaan kali.

“Saya tak terkejut dengan kabar anginnya —banyak orang yang berharap saya meninggal ketika saya menjalani pengobatan tahun lalu,” kata Buhari. Saya berani menjamin kalau saya asli. Saya akan merayakan ulang tahun ke-76 pertengahan bulan ini. Dan saya sehat-sehat saja, kok,” tulisnya melalui akun twitter.

Rumornya bisa berkembang karena ada miskomunikasi dari pihak pemerintah Nigeria tentang proses pengobatannya tahun lalu.

Sang presiden menghabiskan lima bulan di London untuk berobat, tetapi tidak diketahui apa penyakitnya.

Buhari mengungkapkan bahwa ketika dia sedang berobat di London, Wakil Presiden Yemi Osinbajo ditanyakan oleh sejumlah orang tentang kemungkinan menjadi wakilnya saat dia menggantikan posisi Buhari.
Iklan

“Banyak orang yang berharap saya mati ketika sedang sakit. Beberapa dari mereka bahkan menghubungi wakil presiden agar bisa diangkat sebagai wakilnya karena mengira saya sudah meninggal dunia. Dia merasa sangat malu dengan ini,” kata Buhari.

Baca :Tiongkok Boikot Produk Korsel karena Beri Akses Militer ke AS

Lawan politiknya, Mazi Nnamdi Kanu, ketua Indigenous People of Biafra, adalah salah satu orang yang menyebarkan teori konspirasi itu.

Kanu mengungkapkan, pada Senin lalu, bahwa pernyataan Buhari belum cukup menyakinkannya kalau presiden yang asli benar-benar masih hidup.

“Kamu tidak perlu menjadi orang cerdas untuk mengetahui kalau laki-laki yang ada di Polandia itu bukan Buhari. Kamu hanya butuh akal dan mata sehat serta pikiran logis untuk membuktikannya,” kata Kanu lewat Twitter.