Pria Pembawa 20 Kg Peluru Bekas Diamankan Polisi

Ilustrasi peluru

Terkini.id, Serang – Seorang pria harus berurusan dengan kepolisian lantaran ditemukan membawa 20 kg peluru bekas pasca demonstrasi yang berujung kerusuhan 22 Mei 2019 lalu.

Meski begitu, polisi tidak menemukan indikasi pria tersebut membawa peluru bekas itu ke Jakarta.

Polisi juga menemukan bahwa pria tersebut bermaksud menjual 20 kg peluru bekas itu untuk dilebur kembali menjadi timah.

Selain itu, peluru tersebut diketahui sudah tidak bisa meledak atau tidak aktif karena bubuk mesiunya sudah tidak ada.

Polres Serang telah menyita peluru bekas seberat 20 kilogram dari sebuah mobil pick up, saat akan memasuki gerbang tol Serang Timur, Kota Serang, Banten.

“20 kg proyektil di dalam karung, yang bersangkutan bermaksud untuk menjual lagi ke penampung,” kata Kapolres Serang Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Firman Affandi seperti dilansir dari viva, Kamis, 23 Mei 2019.

Peluru itu didapatkan dari salah seorang warga Kampung Kelapa Dua, Kota Serang. Berdasarkan pemeriksaan sementara, peluru itu sudah tidak bisa diaktifkan lagi karena sudah tidak ada bubuk mesiunya.

“Tidak ada indikasi (peluru dibawa) ke Jakarta. Akan kita periksa dulu di Polres, setelah itu hasilnya akan kita konfirmasi lagi. Kalau ditemukan pelanggaran akan kita tindak,” ujarnya.

Pemilik peluru merupakan warga Kampung Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, berinisial Ih. Dia membawa peluru bekas itu menggunakan mobil pick up, bersama temannya.

Ih bermaksud menjual kembali peluru bekas itu, setelah diambil timahnya. Ih membeli peluru bekas itu dari warga Kelapa Dua berinisial J.

“Mau dibawa ke peleburan, buat alat pancing. Belinya (dari warga) Rp9 ribu per kilogram, mau dilebur lagi buat dijual (setelah) diambil timahnya,” kata Ih, saat ditemui di Poslantas Gerbang Tol Serang Timur, Kota Serang, Kamis, 23 Mei 2019.

Ih mengaku membeli peluru bekas bukan untuk disalahgunakan. Terlebih dibawa ke Jakarta yang tengah kisruh akibat gerakan aksi 22 Mei. “Sudah ada satu bulan, sudah di dalam karung. Proyektil dibakar ada timahnya, buat dilebur dijual ke tempat pancing,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Mahasiswa Unhas Juara 1 Lomba Foto di Bali

Terkini.id, Bali - Mahasiswa Departemen Tekni Kelautan Fakultas Teknik, Muhammad Alif Alim Arifiki menjadi pemenang dalam lomba Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia XII Tahun 2019