Pria Sebut Kotak Hitam Pesawat Tak Penting Dicari: Kita Mau Selamatkan Nyawa Atau Data

Kotak Hitam
Pria sebut Kotak Hitam pesawat tak penting dicari. (Indozone.id)

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria menyebut black box atau kotak hitam pesawat bukanlah hal yang penting untuk dicari, viral di media sosial.

Video pria itu sontak viral usai dibagikan pengguna Instagram berita_gosip pada Selasa 12 Januari 2021.

Dalam video tersebut, tampak pria itu menegaskan bahwa yang harusnya diutamakan untuk dicari adalah nyawa penumpang pesawat dan bukannya kotak hitam atau black box.

“Jadi bukan black box-nya yang dicari, bukan black box yang diutamakan, black box itu apa. Sebenarnya kita mau menyelamatkan nyawa atau mau menyelamatkan data. Itu dulu, mikir,” kata pria itu.

Selain itu, pria tersebut juga mengatakan bahwa yang harusnya dipermasalahkan terkait jatuhnya pesawat itu yakni perusahaan yang memproduksi pesawat tersebut.

Menarik untuk Anda:

“Seharusnya bukan black box yang dipermasalahkan. Harusnya mereka, para pencipta pesawat, perusahaan Boeing segala macam,” tuturnya.

Menurutnya, pihak perusahaan pencipta pesawat memikirkan bagaimana agar pesawat yang diproduksi mereka aman saat mendarat di air.

“Seharusnya (perusahaan pesawat) melakukan bagaimana biar pesawatnya bisa safety ketika mendarat di air,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, kotak hitam pesawat atau black box merupakan sekumpulan perangkat penting yang digunakan pada transportasi.

Kotak hitam tersebut merupakan perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam itu yakni untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Secara penampakan, black box tersebut meskipun bernama kotak hitam namun kotak itu berwarna oranye guna memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Kotak hitam tersebut terdiri dari alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder) dan alat rekam data penerbangan (Flight Data Recorder).

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Sulbar Diguncang Gempa, Fahri Hamzah Minta Mensos Risma Segera Turun Tangan

Habib Ali Assegaf Wafat, Rizieq Shihab: Beliau Berikan Secarik Kertas yang Harus Saya Amalkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar