Pria yang Diputuskan Kekasihnya Ternyata Lebih Menderita Dibanding Wanita

Diputuskan
Pria yang diputuskan kekasihnya ternyata lebih menderita dibanding wanita. (Foto: merdeka)

Terkini.id – Siapa bilang pria tak bisa menderita setelah diputuskan kekasihnya. Mereka juga bisa merasakan hal yang sama dengan wanita. Maka dari itu, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa seorang laki-laki tak bisa merasakan penderitaan karena cinta.

Sejumlah peneliti bahkan mengungkapkan bahwa pria merasa lebih menderita setelah putus cinta dibanding wanita. Salah satu penelitian yang mengungkap hal itu yakni penelitian dari Universitas Binghamton di Amerika Serikat pada 2015.

Dari penelitian tersebut menyatakan bahwa wanita lebih emosional saat hubungan berakhir, namun pria lebih lama pulih dari penderitaan saat putus cinta.

Mengapa demikian? Menurut hasil penelitian itu, di balik rasa kesepian seorang pria tanpa kekasih, ia pun memiliki jiwa kompetitif yang tinggi di mana mereka merasa perlu mencari pengganti.

Kadang tanpa sadar mereka sebenarnya belum move on sepenuhnya sehingga tidak realistis dalam mencari pengganti wanita baru.

“Pria akan merasa sangat kehilangan dan mereka merasa harus mulai berkompetisi lagi dari awal untuk mencari pengganti yang telah hilang. Buruknya, mereka kemudian menyadari si mantan ternyata tak tergantikan,” kata tim peneliti Universitas Binghamton, Craig Morris, seperti dikutip dari laman Independent.

Pria cenderung merasa bersalah setelah diputuskan kekasihnya

Diputuskan
Ilustrasi pria bersedih diputuskan kekasihnya. (Foto: hipwee)

Alasan lainnya menurut Craig Morris yakni di awal putus cinta wanita memang terlihat lebih depresi. Biasanya mereka akan menyalurkannya dengan curhat ke orang-orang terdekat. Cara ini tentu membuat mereka lebih lega.

Namun berbeda halnya dengan pria yang tidak mudah terbuka dengan orang lain sehingga mereka menderita lebih lama dibanding wanita.

“Di awal pria tampak nyaman dengan status singlenya. Namun mereka baru menyadari bahwa sebenarnya mereka patah hati setelah beberapa hari atau beberapa minggu putus,” ujar Craig Morris.

“Biasanya ini baru terjadi ketika si pria baru menyadari bahwa mantan kekasihnya sebenarnya wanita yang baik untuknya. Pria kemudian merasa bersalah mengapa tidak memperjuangkan hubungannya,” tambahnya.

Komentar
Terkini
Ragam

4 Tips Atasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Terkini.id - Masa anak-anak merupakan masa yang menyenangkan dan biasa juga disebut masa transisi, dimana pada masa tersebut anak-anak bermain sambil belajar.Bermain game online