Profil Venue Euro 2020 (2021) – Johan Cruyff Arena

Terkini.id, Makassar – Perhelatan Euro 2020 (2021) akan dimulai kurang dari satu bulan lagi. Para tuan rumah yang sudah ditunjuk oleh UEFA tentu sudah menyiapkan venue mereka sebaik mungkin, Belanda adalah satu di antaranya. Stadion yang akan digunakan untuk turnamen empat tahunan di negeri Kincir Angin ini adalah markas Ajax Amsterdam, Johan Cruyff Arena.

Johan Cruyff Arena adalah stadion yang terletak di ibukota Belanda, Amsterdam. Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1993 silam dan memakan waktu pembangunan selama tiga tahun. Total biaya yang dihabiskan untuk membangun stadion kebanggan warga Belanda ini adalah 140 juta Euro.

Sebelumnya, Johan Cruyff Arena dikenal dengan nama Amsterdam Arena. Stadion ini sebenarnya merupakan stadion kedua bagi Ajax Amsterdam. Sebab, stadion utama mereka, De Meer dinilai sudah tidak sanggup lagi menampung antusiasme suporter Il Lancier. De Meer memiliki kapasitas 19 ribu penonton sementara Johan Cruyff Arena bisa menampung hingga 55 ribu penonton.

Baca Juga: Bela Rizieq Shihab, HNW: Vonis Hakim Tidak Sesuai Fakta Lapangan

Stadion ini menjadi salah satu stadion futuristik di Eropa. Pasalnya ini adalah stadion pertama di Eropa yang menggunakan atap buka-tutup alias retractable roof. Sayangnya, peresmian stadion ini justru menjadi aib tersendiri bagi Ajax Amsterdam karena kalah 0-3 dari AC Milan.

Demi menyambut Euro 2020 (2021), Johan Cruyff Arena berbenah. Ada beberapa aspek yang diperbaiki, terutama penampakan luar stadion dan perbaikan sejumlah fasilitas seperti pelebaran jalan agar penonton bisa lebih mudah mengunjungi stadion.

Baca Juga: Wah, Hoki Banget! Berikut 5 Zodiak yang Diprediksi Alami Peningkatan...

Sejarah Pergantian Nama Stadion

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Johan Cruyff Arena bukanlah nama asli dari stadion ini. Sejak awal didirikan hingga tahun 2018 lalu, stadion ini dikenal dengan nama Amsterdam Arena. Tapi nama stadion kemudian diubah sebagai bentuk penghormatan kepada legenda Ajax dan putra daerah Amsterdam yakni Johan Cruyff. Sang legenda meninggal dunia di tahun 2016 lalu.

Pengumuman rencana penggantian nama stadion ini dilakukan pada tahun 2017. Namun karena masalah administrasi, pergantian nama baru diresmikan pada tahun 2018. Penamaan resmi stadion ini adalah Johan Cruijff Stadium, menggunakan ejaan Belanda asli dari Johan Cruyff.

Baca Juga: Andai Presiden Jokowi Tiga Periode, Once Ngaku Akan ‘Turun ke...

Sebagai salah satu stadion terbesar di Eropa, Johan Cruyff Arena sudah pernah menggelar sejumlah laga bersejarah. Pada tahun 1998 stadion ini menggelar final Liga Champions antara Real Madrid versus Juventus. Los Blancos menjadi pemenang laga itu berkat gol semata wayang Mijatovic.

Di tahun 2000, stadion ini menjadi salah satu stadion penyelenggara Euro 2000. Kala itu Belanda dan Belgia menjadi tuan rumah bersama untuk turnamen tersebut. Kemudian, di tahun 2013 Johan Cruyff Arena menjadi venue untuk partai final Liga Europa antara Benfica versus Chelsea. The Blues sukses menggondol trofi berkat kemenangan 2-1.

Selain untuk ajang sepakbola, stadion ini juga bisa digunakan untuk konser musik. Kapasitas stadion bisa bertambah menjadi 68 ribu penonton untuk acara-acara semacam ini.

Jadwal pertandingan Euro 2020 (2021) di Johan Cruyff Arena:
• Minggu, 13 Juni 2021 – Grup C: Belanda vs Ukraina
• Kamis, 17 Juni 2021 – Grup C: Belanda vs Austria
• Senin, 21 Juni 2021 – Grup C: Makedonia Utara vs Belanda
• Sabtu, 26 Juni 2021 – 16 Besar: Runner Up Grup A vs Runner Up Grup B.

Bagikan