Program Kampus Desa Upaya Wujudkan Perencanaan Berkualitas

Terkini.id, Pangkep – Untuk mematangkan perencanaan pembangunan ditingkat desa, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kabupaten Pangkep, Arisal Hasan mencanangkan program Kampus Desa.

Menurut Ical, sapaan akrabnya, Kampus Desa ini adalah wadah bagi aparat desa untuk berkonsultasi dan komunikasi dalam menyusun dokumen perencanaan pengelolaan desa.

“Tujuannya, agar dihasilkan perencanaan yang matang dan berkualitas, tepat sasaran dan tepat waktu dalam pengelolaan desa,”ujarnya, Rabu 18 Juli 2018.

Ia menjelaskan Kampus Desa juga memberikan pendampingan kepada aparat desa, memudahkan jalur komunikasi sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan baiknya perencanaan, maka persoalan keterlambatan penyaluran bantuan keuangan desa akan bisa diatasi.

“Dana sudah ada, tapi dokumen kelengkapan yang belum siap. Dengan perencanaan dan penyusunan program yang berkualitas tentunya dengan waktu yang tepat. Dengan tepat waktunya penyaluran bantuan keuangan desa, diharapkan pemerintah desa dapat lebih efektif dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan bantuan keuangan tersebut,” ucapnya.

Baca juga:

Seperti kampus pada umumnya, kampus desa juga memiliki kurikulum yakni dokumen perencanaan, aparat desa sebagai mahasiswanya dan tim kampus desa sebagai dosen yang siap memberikan pendampingan dan layanan konsultasi tiap saat.

Lanjutnya, Kampus desa adalah Kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bappeda, BPKD, DPMPD dan Bagian hukum.

“Kolaborasi OPD pada kampus desa ini, karena administrasi desa melibatkan beberapa OPD, baik perencanaan program, pengelolaan keuangan maupun produk hukum,”tambahnya.

Kampus desa saat ini hadir di 21 desa pada tiga kecamatan, kawasan pegunungan ada Kecamatan Tondong Tallasa, Kecamatan Liukang Tupabiring Utara untuk wilayah kepulauan dan kecamatan Labakkang.

Komentar

Rekomendasi

Ketua Demokrat Sulsel Salurkan Bantuan Paket Sembako ke Warga Pangkep

Bully dan Aniaya Penjual Jalangkote, 8 Pelaku Mengaku Cuma Iseng

Soal Kasus Perundungan di Pangkep, Anir: Semoga Tak Terulang

Gubernur Sulsel: Stop Perundungan Terhadap Anak

Komunitas Sepeda Makassar dan Pangkep Bantu Anak Korban Perundungan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar