Promosi Produk Indonesia, Ini Yang Dilakukan KJRI Jeddah

Terkini.id, – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah mengajak ribuan pengunjung Pesta Rakyat untuk menjadi duta promosi produk-produk Indonesia di Arab Saudi. Ajakan tersebut disampaikan Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, saat membuka resmi ajang Pesta Rakyat 2018 yang digelar Jumat 12 Oktober lalu.

Lebih dari 4600 pengunjung dari berbagai kota di Wilayah Kerja KJRI Jeddah memadati Kompleks Wisma Konjen RI Jeddah untuk menghadiri ajang silaturrahmi akbar antaranggota masyarakat yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan merayakan HUT ke-73 Republik Indonesia.

“Ini adalah forum silaturrahmi dari warga negara Indonesia yang ada di wilayah kerja KJRI Jeddah untuk kita semua. Jadi, inilah saat forum silaturrahim, saling kenal, saling bertatap muka, dan tentu saja saling berbagi cerita,” pesan Konjen kepada kerumunan pengunjung yang memadati halaman Balai Nusantara.

Di sela-sela pembukaan acara, Konjen menyerahkan penghargaan “Consul General Recognition Award” kepada dua WNI, yaitu Asep Sunia, Satgas WNI di Tabuk untuk kategori perlindungan WNI  dan Abdul Halim yang berperan  membantu KJRI menjalin komunikasi bisnis dengan pengusaha Arab Saudi.

Baca :Kian Diminati, Pendaftar Kursus Bahasa Indonesia di Arab Saudi Terus Meningkat

Gelaran Pesta Rakyat terselenggara berkat dukungan sejumlah sponsor, di antaranya, PT Sasa Inti sebagai sposor utama, Mohammed Bawazir Trading, Pinehill Arabia Food Ltd, Batavia Resto, Kimia Farma Dawaa yang telah memiliki 34 apotek di tiga kota sejak beroperasi April silam, Bank BRI, Western Union, dan PPLN.

Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, mengajak masyarakat untuk mencintai, memakai dan menjadi duta promosi produk-produk Indonesia yang belakangan ini kian membanjiri pasar Arab Saudi.

Selain itu, dalam memasuki tahun politik Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, warga diingatkan agar tidak terpecah-belah hanya karena perbedaan partai politik dan pilihan.

“Perbedaan itu hanyalah sesaat, tetapi ketika dipilih pemimpin,  kita harus bersama-sama mengusung demi pembangunan dan kejayaan Indonesia,” imbuh  Konjen

Sebagai sponsor utama Pesta Rakyat, Ronny Ahmad Imbar, Presiden Direktur PT Rodamas Inti Internasional menyampaikan, penjualan aneka produk Sasa menunjukkan tren positif sejak memasuki pasar Arab Saudi setahun silam. Menurut dia, produk Sasa tidak saja dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi juga mulai diterima oleh konsumen Arab Saudi.

Baca :Kian Diminati, Pendaftar Kursus Bahasa Indonesia di Arab Saudi Terus Meningkat

“Mohon dukungan duta-duta atau biasa kita sebut ekspatriat dari Indonesia, untuk selalu membantu kami perusahaan yang baru di sini, ikut mempromosikan dan memakai produk-produk kami,” ujar Ronny.

Untuk mengurai konsentrasi massa, paket hiburan disebar ke empat titik: hiburan musik dipusatkan di dalam gedung Balai Nusantara, dengan bintang tamu Irsya D’Academy, penyanyi dangdut yang meraih peringkat III pada ajang D’Academy-3 dan D’Asia-2, yang dihadirkan oleh sponsor utama PT Sasa Inti.

Penarikan door prize dari para sponsor dilakukan di Pendopo Wisma Konjen RI, wahana permainan khusus anak-anak ditempatkan di halaman belakang Wisma Konjen, sedangkan halaman Balai Nusantara diperuntukkan bagi bazar kuliner nusantara yang diikuti sebanyak 25 stan makanan dan minuman, tidak termasuk vendor para sponsor dan konter Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) RI Jeddah.

Selain aksi bagi-bagi hadiah seperti TV LED, laptop, smartphone dan tiket pesawat Jakarta – Jeddah pulang-pergi, kejutan lainnya datang ketika Konjen RI mengumumkan Kimia Farma Dawaa akan memberikan diskon 20% bagi seluruh WNI di Arab Saudi yang membeli produk-produknya di 34 gerai miliknya yang tersebar di Jeddah, Mekkah dan Madinah.