Protein Bisa Membantu Turunkan Berat Badan, Simak Caranya

Ilustrasi makanan yang banyak mengandung protein. Sumber : google

Terkini.id, Jakarta – Protein bisa membantu turunkan berat badan dengan cepat dibandingkan melakukan diet mengurangi makan tanpa mengonsumsi protein yang lebih tinggi.

Protein merupakan komponen utama bagi sel manusia dan menyusun ¾ zat padat tubuh yaitu otot, enzim, protein plasma, antibody dan hormon.

Mengonsumsi  makanan yang mengandung protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme,membentuk dan memperbaiki sel dan jaringan, membantu mengurangi nafsu makan dan mengontrol hormon pengatur berat badan.

Nutrisi protein sangat efektif menurunkan berat badan tanpa takut kehilangan massa otot.

Anda yang berniat menurunkan berat badan, lebih disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein ketimbang diet ketat mengurangi makan.

Menarik untuk Anda:

Adapun makanan sumber protein antara lain : daging, ikan, telur, susu dan produk sejenis quark, tumbuhan berbiji, kentang dan polong-polongan seperti kacang tanah, kedelai.

Melansir dari Kompas.Com,  berikut beberapa cara protein bekerja dalam membantu penurunan berat badan :

  • Membantu Mengubah hormon pengatur berat badan

Mengonsumsi protein yang tinggi membantu meningkatkan kadar hormon rasa kenyang atau GLP-1, peptide YY dan kolesistokinin. Selain itu protein juga membantu mengurangi hormon rasa lapar atau ghrelin. Tubuh akan merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsi protein lebih banyak sehingga nafsu makan ikut terkontrol.

Cara kerja protein ini sangat efektif membantu menurunkan berat badan dan membantu mengontrol berat badan sehingga tidak menjadi gemuk.

  • Membantu pembakaran kalori

Mengonsumsi protein yang tinggi membantu tubuh dalam proses memaksimalkan pembakaran kalori hal ini karena protein memiliki tingkat metabolisme yang tinggi.

Pembakaran kalori dari asupan protein sebesar 80 – 100 kalori setiap harinya.

Efek termal yang dimiliki protein meningkatkan metabolisme sehingga membakar kalori tubuh lebih banyak termasuk ketika sedang tidur.

  • Membantu menurunkan nafsu makan

Rasa lapar yang tinggi bisa diredam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Hasil riset membuktikan mengonsumsi makanan berprotein 30 persen membantu menurunkan asupan sebesar 441 kalori setiap harinya. Sehingga sangat disarankan bagi yang ingin berdiet konsumsilah lebih banyak makanan yang mengandung tinggi protein.

  • Membantu mencegah perlambatan metabolisme dan penyusutan massa otot

Protein sangat baik dikonsumsi ketika berniat menurunkan berat badan, sebabnya banyak orang yang berhasil menjalankan diet tetapi mengalami penyusutan massa otot.

Dengan mengonsumsi makanan mengandung protein tinggi selagi menjalankan diet akan membantu meningkatkan massa otot sekaligus membantu meningkatkan laju metabolisme.

Bagi pria asupan protein yang disarankan minimal 56 gram dan wanita minimal 46 gram, dan jika bermaksud menurunkan berat badan maka asupan protein yang kita makan harus 30% dari total kalori.

Contoh jika kalori perhari total yang kita konsumsi sebesar 2000 kalori maka kita membutukan asupan kalori sebesar 150gram.

Nah, yang berniat diet ini cara yang ampuh untuk turunkan berat badan, anda kurangi makanan yang mengandung karbo tinggi dan konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung tinggi protein. Ini cara yang paling efektif menurunkan berat badan. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Ini Bantu Jaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar