Lagi, PT Vale Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

Lagi, PT Vale Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

Terkini.id, Jakarta – Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) tahun ini kembali mengadakan CG Conference & Award yang ke 10, dengan tema “Bringing about Changes: Opportunities and Challenges for Directors pada Senin, 10 Desember 2018 kemarin.

PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale, IDX: INCO) merupakan satu dari 50 perusahaan kapitalisasi pasar terbesar yang mendapat penghargaan atas praktik tata kelola terbaik (good corporate governance/GCG).

IICD melakukan penilaian penerapan tata kelola terhadap 100 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar. Dari hasil scorecard, PT Vale mendapat penghargaan untuk kategori 50 Big Capitalization Public Listed Company. Penilaian IICD menggunakan acuan ASEAN Corporate Governance Scorecard. Selain untuk meningkatkan praktik tata kelola yang baik di Indonesia, penilaian ini juga memungkinkan untuk membandingkan kinerja tata kelola emiten di Indonesia dengan emiten di negara-negara ASEAN lain.

Seremoni penghargaan dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Budiono, mantan Wakil Presiden periode 2009-2014. Dalam The 10th CG Conference & Award 2018, IICD bekerja sama dengan Kontan Media Group.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengatakan sejak krisis 2008, banyak langkah yang dilakukan untuk membangun pondasi baru, termasuk membangun tata kelola pada semua sektor – pada institusi publik dan pemerintah, tata kelola pada level korporasi, dan pada bidang keuangan.

“Banyak undang-undang dibuat mengenai keuangan negara, mengenai BPK, OJK dan undang-undang untuk mengatasai krisis keuangan. Semua itu mengamanatkan pentingnya memiliki pondasi pada prinsip-prinsip tata kelola (good corporate governance). Prinsip check and balance, akuntabilitas, dan transparasi sangat penting bagi institusi publik. Melewati fase reformasi, Indonesia mampu menjaga pertumbuhan ekonomi pada zona positif, sementara beberapa negara mengalami kontraksi. Ini adalah salah satu hasil yang resilian dari upaya meningkatkan tata kelola yang baik di sektor publik,” terang Sri Mulyani.

PT Vale masuk jajaran TOP 50 Big Capitalization Public Listed Company bersama perusahaan-perusahaan besar lain, baik swasta maupun BUMN, seperti PT Timah, PT ANTAM, Bank Rakyat Indonesia. Sebelumnya, PT Vale pernah menyabet penghargaan Best Role of Stakeholder pada tahun 2011 saat masih bernama PT International Nickel Indonesia.

Bagi PT Vale, good corporate governance merupakan syarat mutlak dalam misi keberlanjutan yang selalu dikedepankan oleh Perusahaan.

“Tata kelola perusahaan adalah sebuah mekanisme check and balance yang ditanamkan dalam sebuah perusahaan. Tujuan besarnya untuk menjaga seluruh pemangku kepentingan. Tata kelola yang mengacu pada transparansi dan akuntabilitas adalah penopang keberlanjutan, menjadikan perusahaan kompetitif, serta meningkatkan kepercayaan dari masyarakat dan juga para investor, khususnya di pasar modal,” kata Gunawardana Vinyaman, Direktur Communications & External Affairs PT Vale dalam keterangan pers yang diterima redaksi Makassar Terkini, Selasa 11 Desember 2018.

IICD merupakan organisasi nirlaba yang berdiri pada 2010. Misi IICD adalah mengintegrasikan praktik tata kelola perusahaan dan kepemimpinan perusahaan yang baik. pada GCG serta kepemimpinan. Program-program IICD didukung The World Bank, International Finance Corporation (IFC), Center for International Private Enterprise (CIPE), Asian Development Bank (ADB), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). IICD merupakan anggota Institute of Directors East Asia Network (IDEANet).

Komentar

Rekomendasi

Tampak Religius di Medsos, Penghina Jokowi Ali Baharsyah Koleksi Puluhan Film Porno

PA 212 Kritik Surat Edaran Menag Soal Larangan Salat Tarawih di Masjid

Pintu Pelimpah Bendungan Bili-bili Dibuka 50 Centimeter

Polisi Bakal Cegat Pengendara Motor yang Boncengan Saat Mudik di Tengah Corona

14 Hari Setelah DPRD Sulsel Setujui Anggaran Corona Rp 500 Miliar

Menag Fachrul Razi: Halal Bihalal Lebaran Lewat Online

Bertahun-tahun Pergi Merantau, Ibu Ini Tak Lagi Dikenali Anaknya

Imbas Corona, Menteri Sofyan Rapat Lewat Video Conference dengan Kakanwil ATR/BPN Sulsel

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar