Pulau yang wajib Anda datangi jika berkunjung ke Makassar

Pulau Lajjukang
Panorama pulau Lajjukang kota Makassar (foto: terkini.id/ Echa Panrita Lopi)

Terkini. id, Makassar – Berkunjung ke Makassar tidak hanya melulu mencicipi nikmatnya kuliner, eloknya pesona pantai Losari, kokohnya Benteng Roterdam dan Benteng Somba Opu, ramainya wisata mall, tetapi juga jangan ketinggalan untuk berwisata bahari seperti berkunjung ke sejumlah pulau-pulau yang ada di kota berjuluk Kota Daeng ini. Di pulau-pulau ini akan menjadi destinasi Anda untuk bersantai dan menikmati keindahan dan eksotisnya pulau-pulau di kota ini.

Pulau Gusung

Pulau Gusung ini lokasinya sekitar 1,6 km dari pelabuhan Makassar. Pulau ini dulunya dikenal sebagai pulau tak berpenghuni. Namun semakin banyaknya masyarakat berkunjung ke pulau yang berbatasan langsung dengan pulau Laelae ini sebagai salah satu destinasi wisata bahari maka semakin ramailah pulau ini hingga beberapa warga kini telah berdiam di sana.

Banyak masyarakat hingga wisatawan menghabiskan waktunya ke pulau ini untuk berekreasi. Menjangkau destinasi ini sangat mudah dengan menggunakan speed boat atau kapal dari Dermaga Popsa. Biayanya juga sangat terjangkau pulang-pergi sekitar Rp 25 ribu saja. Di sini pengunjung bisa berenang, memancing ikan atau sekedar menikmati sunset di laut Makassar.

Pulau Lae-lae Kecil

Pulau ini sangat terkenal dengan pesona alam sunsetnya yang menawan. Lokasinya berhadapan dengan Pantai Losari. Pulaunya bisa terlihat langsung dari Losari, namun alangkah menariknya bila Anda berkunjung di sini agar tidak penasaran. Aksesnya juga cukup mudah dan sangat murah yakni Rp 10.000 saja dengan menggunakan kapal sewa atau speed boat fari Dermaga Kayu Bangkoa. Di sini Anda bisa menyaksikan keunikan ikan-ikan kecil berlarian di bawah dermaga. Selain itu, di pulau ini juga banyak aktifitas bisa dilakukan seperti snorkeling, ada juga warga memancing ikan bahkan ada yang menjadikan tempat ini untuk camping.

Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Makassar. Lokasinya di Kelurahan Bulo Gading sekitar 0,8 km dari Kota Makassar. Menuju pulau yang indah ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja dengan menggunakan perahu motor atau speed boat. Pengunjung mengakses destinasi ini melalui dermaga penyeberangan khusus ke Kahyangan persis di samping Popsa jalan Ujung Pandang Makassar.

Fasilitasnya ke sana cukuplah lengkap mulai dari dermaga penyeberangan khusus, tempat menginap, resort atau pondokan, panggung hiburan, restoran dan café, gedung serba guna, arena bermain untuk anak-anak, sarana olahraga, anjungan memancing serta terdapat sejumlah aquarium dan beberapa wahana permainan lainnya. Jadi selain menawarkan pesona laut, ternyata ada Aqua Park, Jetsky, banana boat, dan wahana lainnya. Penasaran dengan pulau ini, silahkan buktikan sendiri.

Pulau Samalona

Pulau Samalona termasuk wisata bahari yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun international bila berkunjung ke kota Makassar. Kebanyakan para pengunjung yang datang ke pulau Samalona adalah untuk menikmai pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling ataupun diving. Selain mempunyai keindahan bawah laut yang yang luar biasa, Pantai dan pemandangan di pulau ini tidak kalah indahnya dengan air laut yang biru dan jernih menambah pesona pulau yang hanya berjarak 2 km dari kota Makassar ini. Maka tidak salah lagi jika pulau dengan hamparan pantai yang bening nan indah ini dinobatkan sebagai destinasi wisata pulau terbaik di Makassar.

Rute menuju ke pulau yang sering dijadikan sebagai lokasi syuting dan pemotretan ini sangat mudah karena bisa diakses dari beberapa dermaga seperti Kayu Bangkoa dan Dermaga Roterdam yang persis berada di depan Benteng Roterdam. Dari dermaga ini Anda bisa menyewa perahu untuk menuju ke pulau Samalona. Harganya juga cukup terjangkau berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per kapal disarankan untuk bisa bernego atau menawar. Setiba di Samalona Anda tidak perlu khawatir soal fasilitas di sana karena sudah lengkap. Ada restaurant, hotel, balai-balai dan berbagai fasilitas lainnya.

Pulau Kodingareng Keke

Letak pulau Kodingareng sendiri berada di Kecamatan Sangkarrang 14 km dari Pantai Losari kota Makassar. Pulau ini sangat terkenal dengan pesona pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih dan berwarna biru toska. Destinanya ini memang memiliki pesona alam yang patut kamu sambangi. Selain berpasir putih, air jernih dan biru toskanya, di pulau tak berpenghuni ini, Anda juga bisa melakukan snorkeling, menyelam atau sekedar berkemah.

Lokasinya juga banyak dijadikan sebagai temapt berfoto wedding dan juga syuting film-film. Soal fasilias di pulau ini sudah tersedia beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Tapi Anda harus tahu jika hendak berkunjung ke sini, sebaiknya Anda membawa persiapan makanan atau minuman sebab pulau tersebut tak berpenghuni sehingga tidak ada penjual di Kodingareng Keke.

Untuk akses menuju Kodingareng Keke, pelancong harus melalui Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga yang ada di depan Benteng Fort Rotterdam. Di sini Anda bisa menyewa  perahu motor milik warga. Soal tariff bervariatif tergantung pintar-pintarnya menawar. Tetapi harga pasaran mereka menerapkan sebesar Rp500.000, untuk kapasitas kapal sekitar 10 orang.

Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang atau Laccukang adalah salah satu pulau yang masuk ke dalam gugusan kepulauan Supermonde di kota Makassar letaknya di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah dengan jarak 40 km dari kota Makassar. Di sini pelancong dapat menikmati keindahan terumbu karang, Anda juga bisa berenang dan snorkeling untuk menikmati keindahan dasar pantai.

Pulau Barrang Caddi

Pulau Barrang Caddi  adalah salah satu pulau yang letaknya di sebelah timur Pulau Barranglompo. Berjarak sekitar 11 km dari Makassar dan termasuk pulau yang padat penduduknya, dengan jumlah 1263 jiwa. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan tradisional.

Pulau Barang Lompo

Pulau Barrang Lompo ini bisa menjadi pilihan rekreasi bagi warga Makassar. Sarana transportasi reguler sudah tersedia, fasilitas umum juga cukup memadai. Pulau ini memiliki luas 49 hektar ini dihuni sekitar 5000 jiwa dan menjadikan pulau ini sebagai pulau terpadat di kepulauan Spermonde.

 Pulau Langkai

Saat ke kota Makassar, sempatkan berkunjung ke Pulau Langkai. Terletak di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih Air lautnya bergradasi biru gelap dan toska. Di sini, Anda bisa melihat indahnya terumbu karang serta kekayaan bawah laut yang melimpah. Kondisi terumbu karang di sekitar pulau umumnya masih baik dan sangat menarik untuk lokasi snorkling.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Lutra

DPPKB Rakerda Program Pembangunan Keluarga di Lutra

Terkini.id,Lutra - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tentang program Kependudukan Keluarga Berencana dan