Puluhan Penyandang Disabilitas Fisik di BRSPDF Wirajaya Ikuti Persiapan OPP

Nampak M.Dawam (berdiri Baju Putih) saat menyampaikan rencana pelaksanaan Kegiatan OPP

Terkini.id,Makassar –  Memasuki tahap semester II Tahun Anggaran 2019, Balai Rehabilitasi Sosial  Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar kembali melakukan persiapan untuk pelaksanaan Orientasi Pengenalan Program (OPP) bagi penyandang disabilitas.

Untuk semester II (Dua), sebanyak 30 orang Penyandang disabilitas fisik akan mengikuti kegiatan OPP yang rencananya dilaksanakan 12 hingga 14 Agustus 2019 mendatang, sebagaimana disampaikan M.Dawam saat memimpin pertemuan persiapan OPP di Aula Gedung Serba Guna BRSPDF Wirajaya Makassar, Kamis1 Agustus 2019.

Selanjutnya M.Dawam juga menyampaikan jika kegiatan OPP ini dimaksudkan untuk memperkenalkan program dan kegiatan kepada Penerima Manfaat (PM), termasuk aturan-aturan dan tata tertib yang mesti menjadi panduan bagi PM selama mengikuti kegiatan dalam Balai.

Selain itu, kegiatan OPP juga dirangkaikan dengan kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74.

“Jadi kegiatan OPP sekalian kita rangkaian dengan pelaksanaan kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-74,” kata M.Dawam.

Lebih jauh, M.Dawam menegaskan, jika kegiatan ini bertujuan memberi motivasi kepada penyandang disabilitas agar mampu hidup mandiri, bisa eksis dalam kehidupan bermasyarakat nantinya, “untuk bisa mandiri, harus diawali dengan semangat dari PM itu sendiri,” tegas M.Dawam.

Di hadapan peserta persiapan OPP, M.Dawam juga menyampaikan, jika saat ini BRSPDF Wirajaya Makassar yang merupakan  salah satu Satuan Kerja (Satker) Kementerian Sosial RI untuk tahun 2019 memberikan beberapa program, khususnya untuk terapi penghidupan bagi penyandang disabilitas dalam balai, diantaranya ada keterampilan otomotif, elektronik, penjahitan, percetakan (sablon), meubel, photografi, dan tatarias.

“Dengan pemberian pembekalan terapi penghidupan ini bisa menjadi modal bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi penerima manfaat dalam balai yang nantinya bisa bersaing dalam era globalisasi,”pungkas M.Dawam.

Berita Terkait
Komentar
Terkini