Rachel Maryam Ajukan Isbat Usai 9 Tahun Nikah Siri, Istilah Apa Itu?

Rachel Maryam

Terkini.id, Jakarta – Artis yang kini aktif jadi politkus, Rachel Maryam mengajukan permohonan isbat pernikahan bersama suaminya, Edwin Aprihandono di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin 3 Agustus 2020.

Rachel bersama Edwin mengajukan isbat pernikahan setelah 9 tahun membangun bahtera rumah tangga. Seperti diketahui, Rachel Maryam dan Edwin menikah secara siri pada Desember 2011 lalu.

Rachel Maryam dan Edwin mengutus kuasa hukum mereka ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan untuk mengajukan permohonan isbat pernikahan.

Menurut Dody Haryanto, kuasa hukum Rachel dan Edwin, kliennya telah mengajukan permohonan itu beberapa waktu.

“Pada hari ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Pengadilan Negeri Agama Jakarta Selatan bahwa persidangan yang diajukan pemohon satu oleh Pak Edwin dan pemohon duanya ibu Rachel Maryam, yang dalam permohonannya mengajukan isbat nikah,” kata Doddy Haryanto, Senin, sepertu dikutip dari kompascom.

Menarik untuk Anda:

Doddy memastikan kliennya sudah melengkapi segala hal yang dibutuhkan, mulai dari bukti dan saksi.

“Terus dalam proses persidangan ini majelis hakim sudah mengambil sikap memeriksa berkas dan pokok perkara, memeriksa bukti dan saksi dari hal-hal tadi sudah dijalankan. Majelis berkesimpulan permohonan pemohon pertama dan pemohon kedua sudah memenuhi syarat untuk mengajukan isbat nikah,” ucap Dody.

Tentang Isbat Pernikahan

Untuk diketahui, Isbat nikah merupakan suatu upaya menetapkan sahnya suatu perkawinan yang belum tercatat di KUA setempat.

Sehingga, hubungan pernikahan yang sebelumnya secara siri, kini sah dan diakui oleh negara.

Dikabulkan Pengadilan

Permohonan isbat pernikahan yang dilayangkan Rachel Maryam dikabulkan oleh majelis hakim. Dan saat ini, pernikahan Rachel dan Edwind telah sah secara negara.

“Nah kemudian juga mengambil sikap bahwa hari ini perkara permohonannya dikabulkan isbatnya,” tambah Dodi.

Sementara Rachel yang dihubungi di tempat berbeda mengaku bersyukur telah dikabulkannya permohonan isbat itu.

“Alhamdulillah kami (saya dan suami) merasa bersyukur. Dan berharap agar ini menjadi keberkahan yang lebih bagi pernikahan dan rumah tangga kami,” tulis Rachel Maryam melalui pesan singkat.

Rachel Maryam mengungkapkan alasan mengajukan permohonan isbat pernikahan di PA Selatan. Dia berujar, alasan tersebut karena anak.

Meski Rachel mengakui tak ada hal yang terburu-buru untuk mengesahkan pernikahannya secara negara. “Sebelumnya kami tidak ada urgensi untuk meresmikan pernikahan ini secara negara, namun saat ini saya sedang hamil besar,” kata Rachel Maryam.

“Dan kami berpikir akan lebih baik untuk kehidupan dan masa depan bayi kami apabila kami resmi menikah secara negara juga,” tambah Rachel.

Tak hadiri sidang Meski majelis hakim telah mengabulkan permohonan isbat pernikahannya, Rachel dan suaminya kompak tidak datang. Alasannya lantaran kondisi pandemi virus corona.

“Pertimbangannya karena kondisi kehamilan dan masa pendemi ini beresiko untuk saya dan suami hadir langsung. Jadi diwakilkan oleh kuasa hukum. Tidak ada masalah. Tetap sah secara hukum,” tutur Rachel Maryam lagi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gisel Tanya Pendeta Soal Kemungkinan Rujuk dengan Gading

Blak-blakan, Ariel NOAH Beberkan Sosok Wanita Tercantik Idolanya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar