Rakornas Aslama Tunjuk Unismuh Makassar sebagai Tuan Rumah Pelatihan Pengelola Asrama Wilayah Indonesia Timur November Mendatang

Terkini.id, Depok – Rakornas Asosiasi Pengelola Asrama (Aslama) Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA) yang sedang berlangsung di Serua Green Village, Depok, Jawa Barat menghasilkan beberapa rekomendasi di antaranya menetapkan Unismuh Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pelatihan Musyrif dan Musyrifah Nasional Wilayah Timur Indonesia.

Penetapan Unismuh Makassar sebagai tuan rumah tersebut atas pertimbangan kesiapan Pimpinan Unismuh yang telah dikonfirmasi langsung oleh Ketua Aslama Rahmat Suprapto saat berkunjung ke Rektor dan Ketua BPH Unismuh Makassar bersama Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Muh Sayuti M Pd, M Ed, Ph D, pada tanggal 2 Agustus 2019, dua pekan lalu.

Jumlah Musyrif dan Musyrifah (pengelola) Asrama PTMA yang akan mengikuti Training atau pelatihan di Makassar sebanyak 60 peserta termasuk pengelola Asmadina Unismuh Makassar.

Hal tersebut dikemukakan oleh Dr Muh Ali Bakri selaku Ketua Divisi Kerjasama dan Publikasi Aslama melalui keterangan tertulisnya, Senin, 19 Agustus 2019.


Menurut Ketua Aslama, Rahmat Suprapto, melalui Training Musyrif/Musyrifah Asrama PTMA tersebut diharapkan lahir pembina dan pembimbing dalam pembinaan mahasiswa di asrama yang mumpuni. Musyrif dan musyrifah adalah bagian terdepan sekaligus ujung tombak bagi kesuksesan sebuah program pembinaan mahasiswa.

“Mereka adalah pihak yang paling dekat dengan mahasiswa, melakukan pendampingan pembelajaran, pengembangan hubungan, pembiasaan dan lainnya. Dalam kapasitasnya sebagai pendamping teman sebaya, pembina dan pembimbing dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan pendampingan yang dimulai dari kompetensi personal individual, baru kemudian sosial,” pungkas Rahmat Suprapto saat memberikan orientasi kepada pengurus Aslama dan para Direktur Pengelola Asrama PTMA.