Rambut Tidak Sehat dan Kusam, Perindah dengan Bahan Ini

Ilustrasi : minyak kelapa

Terkini.id, – Mengatasi rambut tidak sehat dan kusam bisa dilakukan dengan cara sederhana dan dengan bahan alami. Salah satunya dalah dengan minyak kelapa.

Seperti yang telah kita ketahui minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa mengandung kombinasi lemak alami yang bisa membuat kulit sehat.

Bukan hanya untuk kecantikan kulit saja, minyak kelapa sangat baik juga untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala.
Seperti yang dikatakan oleh peneliti bidang kosmetik, Josua Zeichner, melansir dari Kompas.com.

Zeichner mengungkapkan, bahwa asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk asam linoleat yang bersahabat untuk kulit yang gampang berjerawat dan lebih dari 50 persen asam lauric yang melembabkan dan antimikroba.

Menurutnya, minyak kelapa mampu memperbaiki fungsi pelindung kulit, memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti mikroba.
Zeicner yang juga seorang dokter dermatologi menjelaskan bahwa untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kulit haruslah menggunakan minyak kelapa murni dan jika memungkinkan dari kelapa organik.

Untuk menerapkan minyak kelapa bagi rambut dan kulit kepala supaya bisa memperoleh rambut dan kulit yang sehat, bisa digunakan sebagai kondisioner rambut. Minyak kelapa mudah menyerap ke tiap helai rambut dan mencegah hilangnya protein rambut.

Ambil seperempat sendok minyak kelapa atau sesuaikan dengan panjang pendeknya rambut, oleskan pada rambut, lalu sisir rambut dan tutup dengan handuk. Bisa digunakan semalaman, setelah itu bilas dengan sampo yang lembut.

Cara ini juga bisa membuat rambut selain menjadi indah, mengkilat dan lembut juga membuat rambut tidak mudah kusut.

Untuk mengatasi rambut lepek tanpa keramas dan memberi kilau. Ambil sedikit saja minyak kelapa dan usapkan pada ujung-ujung rambut, jangan gunakan terlalu banyak supaya tidak terlihat berminyak.

Minyak kelapa juga bisa membantu menurunkan jumlah jamur dikulit kepala yang memicu peradangan, terkelupas dan gatal yang merupakan gejala-gejala rambut berketombe.

Caranya, ambil 2-3 sendok minya kelapa dan panaskan di atas api, setelah terlihat mencair, angkat agar tidak terlalu panas. Pijat lembut di kulit kepala kemudian diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan sampo. Lakukan dengan rutin sehingga peradangan di kulit kepala menjadi sembuh dan kepala tidak gatal lagi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini