Ramuan Tradisional Alami Rahasia Kecantikan Wanita Dahulu

Masker bengkoang. Source : depolinks

Terkini.id, – Apabila ditelusuri rekam jejaknya, tidak dapat disangsikan lagi, kecantikan wanita zaman dahulu tidak kalah dengan yang hidup di zaman modern sekarang ini. Padahal waktu itu bisa dipastikan jumlah salon masih sangat terbatas, bahkan kemungkinan sama sekali belum ada.

Apabila demikian faktanya, maka bagaimana sebenarnya rahasia kecantikan wanita di zaman dahulu? Apa yang dilakukan sehingga kulit dan wajah mereka bisa terus terawat dan dikagumi banyak suku bangsa di dunia? Berikut beberapa tips yang dirangkum Makassar Terkini mengenai hal tersebut:

Kulit Bercahaya ala Suku Bugis

Cantik Bercahaya Ala Suku Bugis

Sejak dahulu wanita Bugis sudah dikenal senang merawat kulitnya agar terlihat lebih putih. Mereka memolesi tubuh dengan bedak yang diolah dari tumbuh-tumbuhan. Yang paling terkenal adalah bedak sirih yang terbuat dari campuran sirih, gambir, tepung beras, kunyit dan buah pinang muda. Campuran dari tumbuh-tumbuhan itu kemudian dioleskan ke tubuh 2 atau 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Selain itu, ada lagi yang disebut bedak lotong yang terbuat dari beras biasa, akar ginseng, daun pandan dan jeruk nipis. Membuatnya sangat mudah, beras disangrai hingga hangus, lalu masukkan akar ginseng dan daun pandan. Campuran tadi kemudian diaduk hingga harum.

Menarik untuk Anda:

Spa Timung ala Suku Banjar

Spa Batimung/Timung ala Suku Banjar. Source : mahligaiindonesia

Untuk merawat kesehatan kulit sekaligus relaksasi, biasanya kaum hawa senang melakukan spa. Di Indonesia, suku Banjar di Kalimantan Selatan terkenal dengan metode spa-nya, yang dikenal dengan sebutan Timung. Timung atau batimung berasal dari bahasa Banjar Kulua, yang berarti mandi tradisional ala orang Banjar.

Awalnya batimung dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, tapi seiring berjalannya waktu, batimung akhirnya dilakukan oleh siapapun yang ingin melakukan terapi kesehatan dan kecantikan. Caranya cukup mudah. Pertama, taburi tubuh dengan menggunakan rempah-rempah timung asli Kalimantan Selatan. Beberapa rempah dan akar-akaran yang digunakan memang hanya bisa ditemukan di Kalimantan Selatan.

Cantik dengan Jamu khas Suku Jawa

Masker bengkoang. Source : depolinks

Masyarakat suku Jawa terkenal dengan jamu sebagai minuman kesehatan dan kecantikan. Beberapa ramuan bahkan menjadi acuan bagi perusahaan kosmetik dalam negeri, yang dipercaya dapat mempercantik siapapun yang memakainya.

Salah satu yang terkenal adalah bubuk bengkoang, yang terbuat dari sari bengkoang. Ramuannya berfungsi untuk memutihkan, meremajakan dan mencerahkan kulit.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Turunkan Berat Badan dengan Cara Diet Ketofastosis

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar