Ratusan Disabilitas Meriahkan Hari Disabilitas Internasional di Makassar

Terkini.id, Makassar – Ratusan Penyandang Disabilitas ikut meriahkan pelaksanaan Hari Disabilitas Internasional, di mana untuk tahun 2019 pelaksanaan HDI dipusatkan di lokasi Car Free Day (CFD) Jl Boulevard Makassar, Minggu 8 Desember 2019.

Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya di Makassar bersama beberapa Organisasi Sosial (Orsos) dan beberapa Organisasi Penyandang Disabilitas sebagai pelaksana kegiatan HDI sengaja menggelar kegiatan yang ditempatkan di Luar Balai dan melibatkan Orsos dan Organisasi Penyandang Disabilitas se Kota Makassar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan HDI yang biasanya di Pusatkan di Balai. Namun untuk tahun ini, peringatan HDI digelar di luar Balai dan melibatkan banyak pihak.

Kepala BRSPDF Wirajaya Syaiful Samad mengungkapkan, sengaja HDI tahun ini dilaksanakan di luar Balai.

“Biar pesan Inklusi tersampaikan ke masyarakat,” ujar Syaiful.

Bahkan Syaiful juga membeberkan secara gamblang terkait rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan HDI, dimana panitia mempersiapkan beberapa kegiatan, diantaranya, ada jalan santai yang diikuti oleh seluruh peserta, baik dari Orsos maupun dari Organisasi Penyandang Disabilitas.

Selain itu, panitia juga menggelar panggung orasi bagi perwakilan masing-masing peserta, termasuk pula ada persembahan seni musik dari penyandang disabilitas.

Selain itu, panitia juga menyiapkan puluhan door prize untuk peserta. Khusus untuk kegiatan orasi, tentu materi orasi yang disampaikan terkait dengan pesan-pesan sosial untuk mendorong kesetaraan, aksesibilitas, meningkatkan keberfungsian sosial bagi disabilitas serta juga pesan-pesan inklusi lainnya.

Secara teknis, kegiatan HDI dilaksanakan dengan melibatkan kepanitiaan bersama. Adapun peserta yang terlibat dalam kepanitiaan bersama ini, di antaranya: dari Pergerakan Difabel Indonesia untuk kesetaraan (Perdik) Sulsel, Gerakan Mahasiswa untuk Kesetaraan (Gemparkan), Pemuda Peduli Kesejahteraan sosial (PPKS), Perhimpunan Mandiri kusta (Permata), Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Difabel Community Gowa, Save the Children, Unicef, Diknas Sulsel, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Sulsel, PT UTS, PT UIN, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), dan beberapa partisipan lainnya, seperti dari Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Permata, Hotel Claro, Hotel Swiss Bell, dan Alfamart.

HDI tahun 2019 ini mengangkat tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”.

Komentar

Rekomendasi

Biadab, Petugas Israel Hancurkan Klinik Kesehatan untuk Pasien Corona di Palestina

Viral, Dua Warga Dilabrak Pengunjung Mal Gara-gara Belanja Pakai Baju Hazmat

Nekat Gelar Hajatan di Tengah Wabah Corona, Bapak Ini Dilabrak Polisi

Pasien Positif Covid-19 di Sulsel Bertambah Jadi 47 Orang

Protes Larangan Salat Jumat di Tengah Wabah Corona, Pria Ini Diamankan Polisi

Jenazah PDP COVID-19 Ditolak Warga di Maros, Akhirnya Dimakamkan di Sudiang

Cegah Corona, Golkar Sulsel Bagi Ribuan Masker untuk Warga

Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Belum Terpapar Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar