Ratusan Disabilitas Meriahkan Hari Disabilitas Internasional di Makassar

Terkini.id, Makassar – Ratusan Penyandang Disabilitas ikut meriahkan pelaksanaan Hari Disabilitas Internasional, di mana untuk tahun 2019 pelaksanaan HDI dipusatkan di lokasi Car Free Day (CFD) Jl Boulevard Makassar, Minggu 8 Desember 2019.

Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya di Makassar bersama beberapa Organisasi Sosial (Orsos) dan beberapa Organisasi Penyandang Disabilitas sebagai pelaksana kegiatan HDI sengaja menggelar kegiatan yang ditempatkan di Luar Balai dan melibatkan Orsos dan Organisasi Penyandang Disabilitas se Kota Makassar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan HDI yang biasanya di Pusatkan di Balai. Namun untuk tahun ini, peringatan HDI digelar di luar Balai dan melibatkan banyak pihak.

Kepala BRSPDF Wirajaya Syaiful Samad mengungkapkan, sengaja HDI tahun ini dilaksanakan di luar Balai.

“Biar pesan Inklusi tersampaikan ke masyarakat,” ujar Syaiful.

Bahkan Syaiful juga membeberkan secara gamblang terkait rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan HDI, dimana panitia mempersiapkan beberapa kegiatan, diantaranya, ada jalan santai yang diikuti oleh seluruh peserta, baik dari Orsos maupun dari Organisasi Penyandang Disabilitas.

Selain itu, panitia juga menggelar panggung orasi bagi perwakilan masing-masing peserta, termasuk pula ada persembahan seni musik dari penyandang disabilitas.

Selain itu, panitia juga menyiapkan puluhan door prize untuk peserta. Khusus untuk kegiatan orasi, tentu materi orasi yang disampaikan terkait dengan pesan-pesan sosial untuk mendorong kesetaraan, aksesibilitas, meningkatkan keberfungsian sosial bagi disabilitas serta juga pesan-pesan inklusi lainnya.

Secara teknis, kegiatan HDI dilaksanakan dengan melibatkan kepanitiaan bersama. Adapun peserta yang terlibat dalam kepanitiaan bersama ini, di antaranya: dari Pergerakan Difabel Indonesia untuk kesetaraan (Perdik) Sulsel, Gerakan Mahasiswa untuk Kesetaraan (Gemparkan), Pemuda Peduli Kesejahteraan sosial (PPKS), Perhimpunan Mandiri kusta (Permata), Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Difabel Community Gowa, Save the Children, Unicef, Diknas Sulsel, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Sulsel, PT UTS, PT UIN, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), dan beberapa partisipan lainnya, seperti dari Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Permata, Hotel Claro, Hotel Swiss Bell, dan Alfamart.

HDI tahun 2019 ini mengangkat tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”.

Komentar

Rekomendasi

Viral, Rombongan SPG Kesurupan Massal Dalam Mobil Usai Singgah di Telaga Golf

Begini Kronologi Kejadian Moncong Ikan Tancap Leher Remaja Nelayan, Untung Tak Dilepas

Disepakati DPR, Pemerintah Bakal Hapus Tenaga Honorer

Hadir di Makassar Bersastra, Deng Ical Ajak Pecandu Aksara Kampanyekan Literasi Digital

Beginilah TVRI

Prudential Luncurkan Dua Produk Asuransi Baru di Makassar, Bisa Lindungi Resiko Sakit Kritis

Leher Tertancap Ikan, Remaja Ini Diselamatkan Dokter RS Wahidin

Begini Nasib Pendidikan Anak Disabilitas di Indonesia

Adian Napitupulu Putar Rekaman CCTV: Petugas KPK Langsung Pergi saat Ditanyai Satgas PDIP

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar