Ratusan Satgas Drainase Lakukan Pengendealian Jika Terjadi Genangan dan Banjir

Terkini.id, Makassar – Kepala Bidang Drainase dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) PU Kota Makassar, Fuad Azis, memaparkan jumlah tenaga Satgas Drainase yang bertugas melakukan pengendalian bila terjadi genangan dan banjir di Kota Makassar.

“Kita punya tenaga satgas reguler ada 460 an lebih, itu diluar dari satgas khusus. Jadi secara keseluruhan 570 yang akan melakukan pengendalian,” kata dia kepada pewarta, Senin, 23 September 2019.

Ia mengatakan, saat ini, progres pelaksanaan drainase sudah 78 persen. Ia memaparkan bahwa satgas bekerja mulai dari bulan Januari sampai Januari kembali.

Baca Juga: Puluhan Rumah Terendam Banjir di Luwu, Gubernur Sulsel Kirim Bantuan...

“Artinya persiapan dalam pengendalian sudah kita lakukan. Termasuk menentukan target bahwa setiap tenaga satgas akan mengeruk sedimentasi sampai kurang lebih 0,4 kubik per orang setiap hari,” ungkapnya.

Fuad memaparkan bahwa satgas bekerja di 14 kecamatan setiap hari. Ia juga merincikan ihwal pembagian zona. Satgas reguler, kata dia, terbagi menjadi 5 zona yang terdiri dari 13 hingga 15 kelompok.

Baca Juga: Jakarta Siaga Banjir! Air Bendung Katulampa Bogor Mengalami Kenaikan Hingga...

“Satu kelompok terdiri dari 11 orang. Hasil hitungan tiap tahun dari saluran 3 juta lebih, itu menghasilkan sedimentasi sekitar kurang lebih 7 juta kubik,” pungkasnya.

Menurut Fuad, Satgas Drainase paling banyak menghabiskan anggaran lantaran menggunakan tenaga rekrutmen. Ia menyebut, pihaknya melakukan pembayaran tiap bulan kepada satgas drainase.

“Seksi Pengendalian Saluran Drainase memiliki anggaran 20 miliar, isinya pemeliharaan rutin berkala, di sana sudah menyiapkan material, peralatan, bahan bakar, dan satgas,” pungkasnya.

Bagikan