Rayakan Milad ke-9, Forkeis Gelar Seminar Nasional Amil Goes To Campus

Forkeis
Rayakan Milad ke-9, Forkeis Gelar Seminar Nasional Amil Goes To Campus

Terkini.id, Makassar – Forum Kajian Ekonomi Syari’ah (FORKEIS) menggelar Forkeis Celebration (FOCEL 9) yang dirangkaikan dengan Seminar Nasional “Amil Goes To Campus”, bekerjasama dengan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI Nasional).

Forkeis merupakan lembaga dakwah yang bergerak membumikan ekonomi rabbani yang menekankan nilai-nilai islam dalam jejak langkahnya dan menjadi salah satu wadah dakwah di UIN Allauddin Makassar.

Rangkaian perayaan milad yang berlangsung pada Kamis, 19 Juli 2018 ini, yakni Seminar Nasional Amil Goes To Campus dengan mengusung tema “Urgensi Zakat Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Ummat” yang bertempat di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar.

Sebelumnya, telah terlaksana seminar nasional Amil Goes to Campus dengan tema yang berbeda di beberapa kampus di Indonesia yakni UNY Yogyakarta, UNIS Tangerang, SEBI Depok, PNJ Jakarta, IPB Bogor, UGM Yogyakarta, UNAIR Surabaya dan terakhir UIN Alauddin Makassar.

Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini berkisar 250 peserta yang tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, tapi juga berasal dari fakultas lain serta dari beberapa kampus di Sulsel yakni UNM, Unismuh dan Ksei-Ksei regional Sulampua (Sulawesi dan Papua) yakni Ksei Foies, Ksei Fosei Unhas, Ksei Al-Azhar Gowa dan lain-lain.

Forkeis
Panitia Penyelenggara

Narasumber Seminar Nasional FORKEIS

Menarik untuk Anda:

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa lembaga yakni dari Bank Indonesia, BNI Syariah dan lembaga-lembaga zakat yang ada di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yakni Iwan Rudiyana (Sekertaris Yayasan Mandiri Amal Insani), Humairoh Anahdi (Manajer Simpati Umat LAZNAS BSM) dan Ainul Fatha Isman (Presidium Nasional FoSSEI).

Selain disuguhkan dengan materi terkait Zakat, panitia juga membagikan beberapa goodybag kepada peserta yang mengajukan pertanyaan dan juga kontes Foto terbaik dan terunik terkait kegiatan dengan hastag instagram Ksei Forkeis uinam.

Salah seorang peserta mahasiswa Program Doktor Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Khaerul Akbar mengungkapkan, dengan terang-terangan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini karena merasa sangat terfasilitasi.

Sementara itu, Muh Miftahul Khaer selaku Direktur Eksekutif FORKEIS 2018 menuturkan bahwa kegiatan ini sedikit berbeda dengan perayaan FOCEL 8 di tahun kemarin, dimana ada banyak rangkaian acara yakni seminar nasional, Forkeis Peduli Lingkungan, Family Gathering dan Gerakan Menabung di Bank Syari’ah, sedangkan pada FOCEL 9 kali ini hanya menggelar kegiatan sederhana.

Disamping itu, Forkeis tengah mempersiapkan beberapa rangkaian acara nantinya di One Decade yang rencananya akan digelar tahun 2019 mendatang.

“Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita akhirnya mampu menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional yang dirangkaikan dengan Perayaan milad FORKEIS yang ke 9. Terima kasih untuk segenap teman-teman panitia atas kerjasamanya dalam mensukseskan acara kita ini,” ungkap Adi Nurhani Mufrih selaku Ketua Panitia FOCEL 9.

Forkeis
Peserta Seminar Nasional Amil Goes To Campus

Harapan Forkeis di usianya yang ke-9

Lebih lanjut, Miftah juga menerangkan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan FoSSEI Nasional dan Mandiri Amal Insani Foundation, serta disponsori oleh Baznas Gowa, Rumah zakat, Dompet dhuafa, Forum Zakat, Laznas, dan juga didukung oleh Ka-FoSSEI, Kementrian Agama sulsel dan Republika.

Tak henti-hentinya FORKEIS mengukir warna di lembar jalan dakwah sebagai pelopor dalam membumikan ekonomi islam. Meskipun tidak dapat di hindari hambatan dan rintangan dalam setiap jalannya.

“Semoga di umur yang ke-9 ini Forkeis semakin jaya membumikan ekonomi islam,” ujar Miftah.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama oleh seluruh kader forkeis dari Dewan Alumni, Dewan kehormatan, Majelis Syuro Organisasi, Pengurus dan sejajaran serta kader kader Des 9.

Setelah kegiatan ini pengurus harian Forkeis akan kembali fokus pada persiapan One Decade yang akan di gelar di tahun 2019 mendatang.

Citizen Reporter : Nur Ilmi (Ass. Koordinator Media dan Jurnalistik FORKEIS 2018)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tancap Gas, Gerindra Perkenalkan Fatmawati Rusdi Dari Rumah ke Rumah

Ketua Komisi B DPRD Makassar Respon Rencana PD Parkir Ihwal Parkiran Sepeda

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar