Masuk

Relawan Medis Cianjur Mundur Gegara Aksi Intoleran dengan Dalih Agama

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kabar adanya kelompok relawan menarik mundur bantuan mereka untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat gegara aksi intoleran yang dilakukan oknum masyarakat dengan dalih agama heboh di media sosial.

Kabar tersebut disampaikan kelompok relawan Idn Grassroots lewat Instagram resmi mereka @idn.grassroots, seperti dilihat pada Selasa 29 November 2022.

Dalam unggahannya, Idn Grassroots menuliskan bahwa mereka menarik mundur bantuan medis untuk korban gempa Cianjur dengan berbagai pertimbangan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Geram dengan Aksi Intoleran di Pengungsian Cianjur: Pancasilanya Dangkal

Menurutnya, keputusan menarik mundur para relawan medis mereka itu lantaran adanya sekelompok masyarakat yang malah membebani misi kemanusiaan mereka.

“Terima Kasih Cianjur. Dengan sangat menyesal kami tarik mundur rescuer dan rekan-rekan medis dari RAID yang diperbangtukan untuk tragedi Cianjur dengan pertimbangan perlakukan dari sekelompok masyarakat yang justru membebani misi kemanusiaan kawan-kawan di lapangan,” tulis Idn Grassroots.

Pihaknya pun menjelaskan, sejumlah hal yang membebani misi kemanusiaan mereka yakni banyaknya pungli di sejumlah titik jalan yang dilalui oleh tim relawannya saat hendak mendistribusikan bantuan medis ke korban gempa Cianjur.

Selain itu, kata pihaknya, juga terdapat sekelompok masyarakat yang melakukan tindakan intoleran terhadap relawan mereka di lapangan dengan dalih agama.

“Banyaknya pungli di beberapa titik jalan yang dilalui unit armada angkutan kami. Adanya tindakan intoleran terhadap beberapa rekan dengan dalih agama,” tulis @idn.grassroots.

Kelompok relawan itu pun menegaskan bahwa mereka datang memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur tanpa simbol dan atribut.

“Kami datang tanpa simbol dan atribut, jika hanya perbedaan warna kulit dan keyakinan menjadi pembatas maka tidak ada jalan bagi kami untuk pulang dan rehat,” tegas Idn Grassroots.

Relawan medis Idn Grassroots tarik mundur bantuan untuk korban gempa Cianjur gegara aksi intoleran oknum masyarakat/@idn.grassroots

Sementara dalam narasi unggahannya, kelompok relawan itu juga memberi pesan kepada oknum masyarakat yang membebani misi kemanusiaan mereka dengan aksi intoleran berdalih agama tersebut.

Menurut relawan Idn Grassroots, jika penampilan mereka dianggap seperti ‘binatang’ oleh oknum masyarakat itu, maka setidaknya mereka bisa diperlakukan selayaknya mereka memperlakukan dengan baik para korban gempa Cianjur.

“Jika rupa kami macam binantang, setidaknya perlakukan kami seperti kami memperlakukan kalian,” tulis Idn Grassroots.